ANALISIS WACANA PADA LIRIK LAGU PURITAN KARYA BAND HOMICIDE Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Wacana Theo Van Leeuwen

Hikmat M. Ihsan, 122050153 (2016) ANALISIS WACANA PADA LIRIK LAGU PURITAN KARYA BAND HOMICIDE Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Wacana Theo Van Leeuwen. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1 COVER DRAFT (OKE).docx

Download (40kB)
[img] Text
5 ABSTRAK (Autosaved).doc

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Wacana Pada Lirik Lagu Puritan Karya Band Homicide”. Musik adalah salah satu media komunikasi yang efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan. Lirik tentunya merupakan bentuk pesan yang disampaikan sebuah musik kepada masyarakat. Maka dari itu peneliti menggunakan musik sebagai subjek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konteks pasivasi, nominalisasi, dan pergantian anak kalimat dilihat dari representasi kekerasan verbal pada lirik lagu Puritan (Godblessed Fasicts) karya band Homicide, sehingga dapat mengetahui pesan yang terkandung dalam lirik lagu Puritan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis wacana dari Theo Van Leeuwen. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan pendekatan iterpretasi, dimana pola analisis data dan teks lirik lagu lebih ditekankan pada interpetasi penulis. Sumber data dilakukan melalui proses wawancara mendalam dengan berbagai latar belakang informan dan dilakukan pada waktu dan tempat yang berbeda satu sama lain. Hasil dari keseluruhan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa band Homicide menciptakan lirik lagu dengan kata-kata kekerasan verbal yang mengkritik kelompok-kelompok atau organisasi masyarakat (ormas) yang mengatasnamakan agama sebagai jalan untuk melakukan berbagai cara dalam menindas msyarakat yang tidak sepaham dengan apa yang mereka persepsikan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lirik lagu Puritan (Godblessed Fasicts) yang diciptakan oleh band Homicide secara jelas memakai pasivasi, nomialisasi, dan pergantian anak kalimat. Peneliti merekomendasikan kepada band Homicide sebaiknya menciptakan lirik lagu dengan bahasa yang baik, mendidik dan universal supaya pendengar atau pembaca mengerti tentang apa isi pesan yang ingin disampaikan oleh pencipta lagu supaya khalayak pendengar berpikiran positif tentang band Homicide.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 22 Sep 2016 17:27
Last Modified: 22 Sep 2016 17:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12400

Actions (login required)

View Item View Item