PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS CERPEN YANG BERORIENTASI PADA PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SEBAGAI UPAYA PEMILIHAN BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS XI SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Elina Viviyani, 125030123 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS CERPEN YANG BERORIENTASI PADA PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SEBAGAI UPAYA PEMILIHAN BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS XI SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. Bab 2.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang tingkat pe-mahaman siswa dalam aspek sikap sosial serta mengukur tingkat keterbacaan siswa untuk pemilihan bahan ajar dengan menggunakan prosedur klose. Bahan ajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks cerpen yang dirumpangkan sesuai dengan unsur sosial. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: a. Mampukah penulis mengembangkan bahan ajar memproduksi teks cerpen yang berorientasi pada pengembangan sikap sosial sebagai upaya pemilihan bahan ajar untuk siswa kelas XI SMA?; b. Apakah bahan ajar cerpen yang dikembangkan sesuai dengan indikator pem-bentukan sikap sosial?; dan c. Sesuaikah bahan ajar memproduksi teks cerpen yang berorientasi pada pembentukan sikap sosial dilihat dari tingkat keterbacaan?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: a. Penulis mampu mengembang-kan bahan ajar memproduksi teks cerpen yang berorientasi pada pembentukan sikap sosial sebagai upaya pemilihan bahan ajar untuk siswa kelas XI SMA; b. Bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan indikator pembentukan sikap sosial; c. Bahan ajar memproduksi teks cerpen yang berorientasi pada pembentukan si-kap sosial sesuai dengan tingkat perkembangan siswa karena diuji keterbacaan-nya. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu mengembangkan bahan ajar memproduksi teks cerpen ber-orientasi pada pembentukan sikap sosial sebagai upaya pemilihan bahan ajar untuk siswa kelas XI. Bahan ajar telah mampu dikembangkan karena telah mencapai nilai rata-rata yang baik dari setiap cerpen yang digunakan sebagai bahan ajar yang digunakan dalam mengukur pemahaman dan tingkat keter-bacaan. 2. Struktur bahan ajar sesuai dengan indikator sikap sosial dan Kompetensi Dasar yang meliputi pengetahuan berdasarkan Kurikulum 2013. Dibuktikan dengan hasil angket kesesuaian bahan ajar cerpen yang penulis buat dengan indikator sikap sosial yang diberikan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia mendapatkan rata-rata 88%. 3. Bahan ajar yang dikembangkan diuji coba dengan melakukan penelitian di sekolah SMA YPI Bandung dengan menggunakan Prosedur Klose berdasarkan aspek sosial untuk mengukur tingkat keterbacaan siswa dengan judul berbeda. Adanya data tersebut maka cerpen yang dibuat oleh penulis telah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa karena sudah diuji keterbacaannya. Berdasarkan fakta-fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, memproduksi teks cerpen, pembentukan sikap sosial, pemilihan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 14:48
Last Modified: 22 Sep 2016 14:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12370

Actions (login required)

View Item View Item