PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM YANG BERORIENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP DIFUSI DAN OSMOSIS

WIWIN WININGSIH, 125040151 (2016) PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM YANG BERORIENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP DIFUSI DAN OSMOSIS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 halaman sampul.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstak indo.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata dibawah KKM. Permasalahan hasil belajar disebabkan oleh minat belajar siswa terhadap pelajaran Biologi yang masih kurang aktif. Sulitnya mempelajari materi Biologi serta metode dan model pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu metode atau model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis praktikum yang berorientasi discovery learning pada subkonsep difusi dan osmosis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest –posttest design. Sampel percobaan adalah siswa kelas XI MIA di SMA PGRI 1 Bandung dengan jumlah siswa 38 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif, LKPD, lembar afektif dan psikomotor siswa. Instrumen yang di gunakan pada penelitian ini yaitu berupa tes objektif diberikan pada saat pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukan nilai pretest memiliki rata-rata sebesar 44,42 dan nilai posttest memiliki rata-rata nilai 83,13. Uji t dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 51,98 > 2,651yang artinya H O = ditolak dan H 1 = diterima. Hasil N-Gain yaitu 0,69 termasuk kedalam kategori sedang. Penilaian ranah afektif dengan hasil rata-rata sebesar 84,03 termasuk dalam kategori baik. Penilaian ranah psikomotor dengan hasil rata-rata sebesar 83,57 termasuk kedalam kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum yang berorientasi discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subkonsep difusi dan osmosis. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Praktikum, Subkonsep Difusi dan Osmosis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 13:48
Last Modified: 22 Sep 2016 13:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12346

Actions (login required)

View Item View Item