WIWIN WININGSIH, 125040151 (2016) PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM YANG BERORIENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP DIFUSI DAN OSMOSIS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 halaman sampul.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
abstak indo.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata dibawah KKM. Permasalahan hasil belajar disebabkan oleh minat belajar siswa terhadap pelajaran Biologi yang masih kurang aktif. Sulitnya mempelajari materi Biologi serta metode dan model pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu metode atau model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis praktikum yang berorientasi discovery learning pada subkonsep difusi dan osmosis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest –posttest design. Sampel percobaan adalah siswa kelas XI MIA di SMA PGRI 1 Bandung dengan jumlah siswa 38 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif, LKPD, lembar afektif dan psikomotor siswa. Instrumen yang di gunakan pada penelitian ini yaitu berupa tes objektif diberikan pada saat pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukan nilai pretest memiliki rata-rata sebesar 44,42 dan nilai posttest memiliki rata-rata nilai 83,13. Uji t dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 51,98 > 2,651yang artinya H O = ditolak dan H 1 = diterima. Hasil N-Gain yaitu 0,69 termasuk kedalam kategori sedang. Penilaian ranah afektif dengan hasil rata-rata sebesar 84,03 termasuk dalam kategori baik. Penilaian ranah psikomotor dengan hasil rata-rata sebesar 83,57 termasuk kedalam kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum yang berorientasi discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subkonsep difusi dan osmosis. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Praktikum, Subkonsep Difusi dan Osmosis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 13:48 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 13:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12346 |
Actions (login required)
View Item |