PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X SMAN 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Asep Cahyadi, 125030153 (2016) PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X SMAN 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK-ENGLISH.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam proses memperoleh infor-masi. Model think pair share merupakan cara menarik untuk menstimulasi diskusi yang aktif dan kreatif. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Membandingkan Teks Laporan Hasil Observasi dengan Teks Eskposisi Menggunakan Model Think Pair Share pada Siswa Kelas X MIPA-4 SMA Negeri 18 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis melaksana-kan kegiatan pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks eks-posisi menggunakan model think pair share pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Ban-dung?; (2) Mampukah siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung dalam membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks eksposisi secara tepat?; dan (3) Efektifkah model think pair share digunakan dalam pembelajaran membandingkan teks laporan hasil obser-vasi dengan teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu melaksanakan pembe-lajaran melaksanakan pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks eksposisi menggunakan model think pair share pada kelas X SMA Negeri 18 Ban-dung; (2) Siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung mampu membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks eksposisi yang berfokus pada struktur dan ciri kebahasaan teks secara tepat; dan (3) Penggunaan model think pair share efektif digunakan untuk siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung dalam pembelajaran membandingkan teks lapo-ran hasil observasi dengan teks eksposisi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Pre-Experimental Design jenis The One Group Pretest Posttest dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis. Adapun simpulannya sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks eksposisi menggunakan model think pair share pa-da siswa kelas X SMA 18 Bandung. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,86 dan 3,65. Siswa kelas X MIP-4 SMA Negeri 18 Bandung mampu membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks eksposisi menggunakan model think pair share. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 0,74 dan nilai rata-rata postes sebe-sar 2,29, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 1,55. Model think pair share efektif digunakan untuk siswa kelas X SMA Negeri 18 Ban-dung dalam pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil menunjukkan t_hitung > t_tabel, yakni 7,24 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 30. Hal ini membuktikan bahwa model think pair share efektif digunakan dalam pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks ekpo-sisi. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang pe-nulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Membandingkan, Teks Laporan Hasil Observasi, Teks Eksposisi, Model Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:02
Last Modified: 21 Sep 2016 19:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item