PEMBEL AJARAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT BERDASARKAN KARAKTERISTIK TEKS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PLANNED HUMOR PADA SISWA KELAS X SMA ANGKASA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/201 6

ISMA NUR ARDYAN, 125030077 (2016) PEMBEL AJARAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT BERDASARKAN KARAKTERISTIK TEKS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PLANNED HUMOR PADA SISWA KELAS X SMA ANGKASA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/201 6. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Memproduksi suatu tulisan merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa. Strategi planned humor merupakan strategi menarik dengan menyisipkan humor terencana dalam pembelajaran dengan tujuan merangsang kreativitas peserta didik, khususnya pada pembelajaran memproduksi teks anekdot. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitia n pembelajaran memproduksi teks anekdot dengan menggunakan strategi planned humor pada siswa kelas X SMA Angkasa Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) mampukah penulis merencanakan, melaksanakan dan me nilai pembelajaran memproduksi teks anekdot berdasarkan karakteristik teks dengan meng - gunakan strategi planned humor pada siswa kelas X SMA Angkasa Bandung ? ; (2) m ampukah siswa kelas X SMA Angkasa Bandung dalam memproduksi teks anekdot berdasarkan karakt eristik teks dengan menggunakan strategi pla nned humor dengan tepat? (3) tepatkah strategi planned humor digunakan dalam pembelajaran mem produksi teks anekdot berdasarkan karakteristik teks pada siswa kelas X SMA Angkasa Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan adalah: (1) penulis mampu dalam me - rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks anekdot berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan strategi planned humor pada siswa kelas X SMA Angkasa Bandung; (2) siswa kelas X SMA Angkasa Bandung mampu mengikuti pembelajaran mem - produksi teks anekdot berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan strategi planned humor ; (3) strategi planned humor tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot berdasarkan karak teristik teks pada siswa kelas X SMA Angkasa Bandung. Berdasarkan hasil analisis perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pem - belajaran, dan hasil evaluasi, penulis dapat mengambil simpulan sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajara n memproduksi teks anekdot berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan strategi planned humor pada siswa kelas X MIA A SMA Angkasa Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari penilaian guru bidang studi bahasa Indonesia terhadap perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Jumlah nilai rata - rata ya ng diperoleh penulis adalah 3,68 . Jadi, dalam hal ini penulis berhasil mengadakan penelitian tentang pembelajaran mem - produksi teks anekdot berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan stra - tegi planned humor pad a siswa kelas X MIA A SMA Angkasa Bandung. (2) Siswa kelas X MIA A SMA Angkasa Bandung, mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks anekdot berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan strategi planned humor . Hal ini terbukti, dengan hasil rata - r ata pretes dan postes. Ni lai rata - rata pretes yaitu 1,82 sedang kan nilai rata - rata postes 3,15 . Jadi, selisih nilai rata - rata pretes dan postes yaitu 1,33 . Hasil ini membuktikan, bahwa kemampuan pembelajaran memproduksi teks anekdot berdasarkan karakterist ik teks dengan menggunakan strategi planned humor pada siswa kelas X SMA Angkasa Bandung mengalami peningkatan. (3) Strategi planned humor tepat digunakan dalam memproduksi teks anekdot berdasarkan karakteristik teks. Hal ini, terbukti dari hasil perhitung an statistik dengan 2,09 pada tingkat kepercayaan 95% dan db 20 . Berdasarkan data tersebut, penulis menyimpulkan pembelajaran memproduksi teks anekdot berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan strategi planned humor pada sis wa kelas X SMA Angkasa Bandung berhasil dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran, Memproduksi, Teks Anekdot, Karakteristik Teks, dan Strategi Planned Humor.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Sep 2016 18:46
Last Modified: 21 Sep 2016 18:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12326

Actions (login required)

View Item View Item