Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Air Mineral Akequa Di Perusahaan PDAM Kota Ternate Unik AMDK.

HESTY JUNITA H. HAYYR, 113010145 and Riza Fathoni Ishak, ds and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2016) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Air Mineral Akequa Di Perusahaan PDAM Kota Ternate Unik AMDK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER Fix.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Fix.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Fix.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Industri yang menghasilkan barang dan jasa harus dapat menghasilkan suatu produk yang dapat diterima oleh pembeli atau konsumen. Prinsip utama pembelian adalah makin meningkatkan dominasi (penguasaan) pasar baik Nasional dan Internasional. Konsumen, baik individual, perusahaan industri, atau badan pemerintah, semakin menekankan pada kepuasaan yang mereka peroleh dalam barang yang mereka bayar. Kehati-hatian dalam membeli semakin meningkat, khusunya untuk perusahaan-perusahaan industri dan terlebih lagi bagi para konsumen. PT Akequa yang merupakan objek penelitian ini adalah anak perusahaan PDAM cabang Kota Ternate. Setelah melalui pengalaman, PT Akequa perlahan lahan mulai menjadi air minuman dalam kemasan (AMDK) yang diperhitungkan, dan telah mendapatkan pelanggan tetap di Maluku Utara. Tetapi pada awal 2014 produksi Akequa ini mulai menurun dikarenakan banyaknya merek merek AMDK yang bermunculan dan membuat penjualan Akequa semakin menurun. Kinerja pemasaran yang dilakukan PT Akequa masih belum maksimal. Para pimpinan organisasi dapat melakukan hasil kerja secara tepat dengan mengkaji kembali kinerja pemasaran. Penilaian kinerja pemasaran dimaksudkan untuk dapat membandingkan dengan tolak ukur tertentu yang bermanfaat dalam menetapkan sasaran. Bauran pemasaran yang digunakan peneliti adalah bauran pemasaran 7P. Dan untuk penelitian ini menggunakan model pemecahan masalah analisis jalur (Path Analysis) yang bertujuan menerangkan akibat langsung dan tidak langsung seperangkat variabel sebagai variabel penyebab (eksogenus) terhadap seperangkat variabel lainnya yang merupakan variabel akibat (endogenus). Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa pengaruh produk secara langsung terhadap kepuasan yaitu 8%, pengaruh harga 21.33%, pengaruh promosi 29.33%, pengaruh lokasi 21.33%, pengaruh orang 13.33%, pengaruh proses 16%, dan pengaruh bukti fisik 40%. Dari variabel tersebut diketahui bahwa variabel bukti fisik yang paling berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sebesar 40% karena pelanggan menilai bahwa citra dari produk Akequa sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat dan sudah dapat diterima oleh masyarakat. sedangkan variabel proses memberikan kontribusi yang paling tinggi secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan yang nantinya akan memenuhi peningkatan loyalitas pelanggan, nilai kotribusi proses terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 94.95% yang artinya bahwa kepuasan konsumen sudah terpenuhi atas variabel proses secara tidak langsung yang otomatis nantinya loyalitas pelanggan akan ikut meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 21 Sep 2016 18:17
Last Modified: 21 Sep 2016 18:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12316

Actions (login required)

View Item View Item