HAK ANAK UNTUK BERMAIN DI GANG AFANDI RW 04, KOTA BANDUNG DALAM KARYA FOTOGRAFI ESAI. Muhammad Zakariya Arrazi 096020026

MUHAMMAD ZAKARIA ARRAZI DAN HERU BUDIANTORO DAN HARRY REINALDI (2016) HAK ANAK UNTUK BERMAIN DI GANG AFANDI RW 04, KOTA BANDUNG DALAM KARYA FOTOGRAFI ESAI. Muhammad Zakariya Arrazi 096020026. Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.

[img]
Preview
Text
HAK ANAK UNTUK BERMAIN DI GANG AFANDI RW 04, KOTA BANDUNG DALAM KARYA FOTOGRAFI ESAI.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Kata Kunci: Hak Anak, Fotografi Esai; Hak bermain anak; Gang Afandi; Bandung Penelitian ini difokuskan pada hak bermain anak yang dilindungi undang-undang, dengan lokasi penelitian di Gang Afandi RW 04, kelurahan Braga – Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Penelitian ini mengacu pada rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana media fotografi mengungkap realitas hak anak yang dinyatakan dalam bentuk ruang dan tempat serta kegiatan bermain anak, (2) bagaimana media fotografi dapat menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya ruang, tempat dan kegiatan bermain anak, dan (3) bagaimana membuat karya foto esai yang baik tentang ruang dan tempat serta kegiatan bermain anak. Untuk menjawab masalah tersebut digunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta pengumpulan dokumen dan literatur sesuai dengan obyek dan masalah penelitian. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan berkesinambungan mulai data observasi, wawancara dan dokumen yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi Gang Kampung Afandi yang padat mempengaruhi kawasan tempat bermain sehingga anak-anak bermain di gang dengan permainan apa adanya yang dilakukan secara berulang. Hak anak bermain tidak dibatasi tetapi ruang dan kawasan bermain sangat terbatas. Seharusnya Pemerintah Kota Bandung membangun kawasan taman bermain di dekat Gang Afandi, tetapi sampai sekarang belum dilakukan oleh pemerintah kota sehingga anak tidak dapat dengan leluasa dan puas mengekspresikan seluruh potensinya dalam bermain. Temuan penelitian di Gang Afandi dalam karya fotografi esai diberi judul: ABAI, dengan maksud bahwa ABAI adalah akronim dari Anak Bermain Apa adanya di Gang Afandi. ABAI juga menggambarkan Hak anak untuk bermain masih diabaikan, yaitu belum disediakannya kawasan tempat bermain anak, padahal Kota Bandung sudah mencanangkan sebagai kota layak anak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2015
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 21 Sep 2016 18:01
Last Modified: 21 Sep 2016 18:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12310

Actions (login required)

View Item View Item