ANALISIS SEMIOTIKA PENDIDIKAN MORAL PADA FILM PETUALANGAN SHERINA Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pendidikan Moral Pada Film Petualangan Sherina

Mia Siti Aisyah, 102050097 (2016) ANALISIS SEMIOTIKA PENDIDIKAN MORAL PADA FILM PETUALANGAN SHERINA Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pendidikan Moral Pada Film Petualangan Sherina. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB I.docx

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
COVER .docx

Download (179kB)
[img] Text
RINGKASAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis salah satu produk jurnalistik, yaitu film. Peneliti mengambil judul "Analisis Semiotika Pendidikan Moral pada Film Petualangan Sherina", Analisis Semiotika Ferdinan De Saussure pada Film Petualangan Sherina karya Riri Riza. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanda (signifer), petanda (signified) yang terdapat dalam film Petualangan Sherina. Serta untuk mengetahui pendidikan moral yang terdapat pada film Petualangan Sherina dan mengacu pada realitas sosial di dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan suatu penelitian yang mendalam. Serta menggunakan teori Semiotika Ferdinan De Saussure untuk menganalisis makna-makna yang terdapat dalam setiap adegan dalam film “Petualangan Sherina” dengan mengacu pada teori Konstruksi Realitas Sosial Peter L Berger dan Luckman. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam film Petualangan Sherina ini memiliki penanda (signifer) dan petanda (signified) dalam setiap adegannya. Disamping itu, terdapat pula pendidikan moral yang erat kaitannya dengan realitas dalam kehidupan masyarakat. Sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penonton. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai masukan yaitu untuk pada akademisi yang akan menganalisis film, sebaiknya lebih mengutamakan ketelitian dan mengenali film tersebut, kepada penonton pilihlah film yang membangun dan memberikan inspirasi, dan untuk pada sineas film ciptakanlah film-film yang menjadi penyemangat bagi penonton.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2014
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 21 Sep 2016 15:37
Last Modified: 21 Sep 2016 15:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12295

Actions (login required)

View Item View Item