ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN MENGAPA HARUS MELAHIRKAN ANAK KE DUNIA INI

AQOMA SOLEH, 102050075 (2016) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN MENGAPA HARUS MELAHIRKAN ANAK KE DUNIA INI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK skripsi.docx

Download (17kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI AQOMA.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I skripsi.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB II skripsi.docx

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN MENGAPA MELAHIRKAN ANAK KEDUNIA INI”. Iklan merupakan hasil karya yang sangat unik dan menarik, karena menuangkan gagasan dalam bentuk gambar hidup, dan disajikan sebagai hiburan yang layak dinikmati oleh masyarakat. Maka dari itu peneliti memilih iklan sebagai subjek penelitian. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Tanda, objek, dan Interpretan pada iklan Mengapa melahirkan anak kedunia ini, sehingga menghasilkan makna dari iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi kepustakaan, dan wawancara mendalam Objek penelitian dalam penelitian ini adalah iklan Mengapa melahirkan anak kedunia ini yang akan dibahas bagaimana tanda, objek dan interpretasi yang diberikan oleh iklan tersebut, sehingga menghasilkan makna yang berhubungan dengan kehidupan yang sesungguhnya dimana dari ketiga hal tersebut saling berhubungan. Dalam iklan tersebut terdapat Objek yang sangat menonjol yaitu Bayi atau anak-anak, dimana mereka merupakan lambang masa depan umat manusia, sehingga dalam iklan ini terdapat makna yang sangat mendalam mengenai kehidupan manusia dimasa yang akan datang. Ada beberapa hal yang peneliti sarankan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Masukan untuk masyarakat adalah agar dapat memaknai iklan bukan hanya dari produknya saja, tapi bisa melihat sudut pandang yang berbeda dari sebuah iklan sehingga selain informasi produk, kita juga mengetahui pesan moral yang terdapat dalam iklan tersebut. Untuk para penonton , sebaiknya kita tidak pasif menerima apa saja yang disuguhkan oleh iklan kepada kita, tetapi bersikap lebih kritis dan menilai pesan yang sebenarnya ingin disampaikan produsen produk iklan tersebut, sehingga kita tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi oleh sebuah iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2014
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:29
Last Modified: 21 Sep 2016 13:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12265

Actions (login required)

View Item View Item