PENERAPAN PAIKEM PADA PEMBELAJARAN GITAR ELEKTRIK GRADE 1 DI ELFA MUSIC SCHOOL JL. OTISTA 174, GARUT. REGA S. GUSDINATA 12. 6040058

REGA SETIAWAN GUSDINATA DAN RIDWAN SIGIT DAN CATUR SURYA PERMANA (2016) PENERAPAN PAIKEM PADA PEMBELAJARAN GITAR ELEKTRIK GRADE 1 DI ELFA MUSIC SCHOOL JL. OTISTA 174, GARUT. REGA S. GUSDINATA 12. 6040058. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Penerapan PAIKEM pada pembelajaran gitar elektrik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya proses pembelajaran dikelas siswa kurang aktif. Hal ini disebabkan guru belum menerapkan model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Penelitian ini mencakup pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Penerapan PAIKEM Pada Pembelajaran Gitar Elektrik. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar. Saat pelaksanaan pembelajaran siswa terlihat sangat antusias dan lebih aktif ketika mengikuti pembelajaran terutama saat siswa bermain gitar dalam keadaan yang releks. Hal tersebut terbukti penerapan PAIKEM sangat berpengaruh pada proses pembelajaran gitar elektrik grade 1 di elfa music school Garut. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Efektivitas PAIKEM pada siswa sangat berpengaruh untuk menghangatkan suasana dikelas menjadi lebih releks atau tidak tegang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2016
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:33
Last Modified: 21 Sep 2016 13:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12264

Actions (login required)

View Item View Item