FOTOGRAFI DOKUMENTER PROGRAM DIET KANTONG PLASTIK SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH SAMPAH PLASTIK DIKOTA BANDUNG. DION AKHRIO MEIRSAGUNA 10.60.200.02

DION AKHRIO MEIRSAGUNA (2016) FOTOGRAFI DOKUMENTER PROGRAM DIET KANTONG PLASTIK SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH SAMPAH PLASTIK DIKOTA BANDUNG. DION AKHRIO MEIRSAGUNA 10.60.200.02. Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.

[img]
Preview
Text
DION AKHRIO MEIRSAGUNA (106020002) - Laporan Tugas Akhir.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Jumlah sampah plastik semakin banyak setiap hari hingga melebihi daya tampung dari tempat pembuangan akhir. Sampah kantong plastik tersebut memiliki banyak dampak-dampak yang bersifat negatif yang diantaranya adalah pencemaran lingkungan, mengganggu kesehatan manusia, proses pembuatannya menggunakan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Penyebab awal dari menggunungnya jumlah sampah kantong plastik adalah pola hidup konsumtif masyarakat terhadap kantong plastik. Pola hidup konsumtif masyarakat disebabkan oleh kebiasan prilaku masyarakat yang dilakukan terus menerus dari dahulu hingga sekarang. Masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya, khususnya dalam menyikapi kantong plastik. Fotografi dokumenter berperan selaku dokumen dalam melihat fenomena masyarakat dalam menggunakan kantong plastik. Dengan begitu dapat terlihat bagaimana rancangan program yang tepat dalam pengurangan konsumsi kantong plastik. Program yang kemudian disebut program diet kantong plastik, bertujuan untuk menekan pertumbuhan sampah kantong plastik. Dalam program diet kantong plastik, masyarakat diminta untuk mengelola kantong plastik bahkan sebelum menjadi sampah. Program diet kantong plastik berisikan sebuah sistem yang disebut 3R (Reduce, Reuce, Recycle). Kecamatan sukasari dipilih sebagai wilayah penelitian dikarenakan terdapat banyak sampel yang sesuai dengan penelitian ini pada wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2016
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 20 Sep 2016 17:17
Last Modified: 20 Sep 2016 17:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12243

Actions (login required)

View Item View Item