TEGUH ABDI GUNA DAN ROBBY R MEKKA DAN YENI CAHYANI (2016) PEMBELAJARAN VOKAL GRUP PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 15 BANDUNG. TEGUH ABDIGUNA 12. 6040022. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN WISUDA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI WISUDA.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler vokal grup merupakan kegiatan yang diadakan oleh lembaga pendidikan SMP Negeri 15 Bandung, sebagai penunjang kegiatan kurikuler, yang digunakan sebagai wadah untuk menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki peserta didik. Dengan dampak, dapat membuat seorang yang belajar menuju ke suatu perubahan. Menambah kemampuan, pengetahuan, sosialisasi, dan mengasah kepercayaan diri. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Tahapan pembelajaran vokal grup pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 15 Bandung. (2) Metode yang diterapkan pada pembelajaran vokal grup pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 15 Bandung (3) Hasil pembelajaran vokal grup pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 15 Bandung. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, dengan objek penelitian pembelajaran vokal grup pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 15 Bandung. Sumber data penelitian dari dua sumber yaitu: sumber manusia dan sumber data non-manusia. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Pembelajaran vokal grup pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 15 Bandung ini memiliki banyak prestasi. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan-kegiatan yang sudah diikutinya melalui festifal atau perlombaan-perlombaan yang pernah di juarai, baik tingkat Kabupaten ataupun tingkat Kota Bandung, walaupun tenaga pengajarnya bukan berlatar belakang dari pendidikan seni musik secara formal. Proses pembelajaran vokal grup pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri Bandung ini dilakukan beberapa tahap, dimulai dengan tahapan awal, tahapan inti, dan tahapan akhir. Tahapan awal dilakukannya tahapan kegiatan, persiapan, pembukaan, tahapan latihan pemanasan, yang dimulai dengan latihan pernafasan, dan latihan vokalisi. Tahapan inti, dilakukannya pelajaran menggunakan materi lagu. Tahapan akhir merupakan evaluasi pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran ekstrakurikuler vokal grup adalah metode ceramah, demonstrasi, imitasi, dan latihan. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mencapai hasil yang diharapkan dari pembelajaran ekstrakukurikuler vokal grup di SMP Negeri 15 Bandung. Pada dasarnya pembelajaran vokal grup sedikit berbeda dengan pembelajaran vokal solo, yang dimana kesatuan atau kebersamaan dalam kelompok sangatlah penting. Selain itu dalam musik, lebih bervariasi. Seperti pemberian harmonisasi, ritmis, improvisasi dan aransemen yang harus selalu diatur.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2016 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 15:26 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 15:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12239 |
Actions (login required)
View Item |