Mika Wati, 125020004 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS 1 DI SMA PGRI 1 BANDUNG (Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IIS 1 SMA PGRI 1 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015 - 2016) . Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Bismillah Abstrak(1).pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK inggris.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
Bismillah BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Bismillah BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS 1 DI SMA PGRI 1 BANDUNG ” . Penelitian ini b ertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS 1 SMA PGRI 1 Bandung . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ob servasi , angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier s ederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows . Dalam penelitian ini sampel yang digunakan Sample Jenuh (Sensus), yaitu siswa kelas X IIS 1 SMA PGRI 1 Bandu ng semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21,0 for windows . Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar sebesar 0,8 9 1 itu berarti kore lasi tersebut sangat kuat , regresi linear sederhana sebesar Y = 4,452 + 0,444 X , dan koefisien determinasi atau R 2 sebesar 79,4%. Hasil perhitungan rata - rata butir angket yang terdiri dari tiga aspek variabel X yaitu sebesar 86,7 %, 80 %, 79,9 % yang menunjukan siswa setuju bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil rata - rata tiap butir angket pada variabel Y sebesar 65,9 % yang menunjukan bahwa siswa setuju faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor yang berada di dalam (fisik dan psikis) dan dari luar dirinya (lingkungan, masyarakat). Kesimpulan hipotesis penelitian yang berbunyi ” t erdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 1 di SMA PGRI 1 Bandung” berdasarkan data di atas ternyata hipotesis teruji . Sebagai akhir tulisan penulis menyarankan bagi siswa kelas X IIS 1 SMA PGRI 1 Bandung agar bisa mensiasati dengan menggunakan cara yang tepat guna memperoleh hasil belajar yang diinginkan. H enda knya guru dapat menerapkan suatu metode yang tepat sehingga materi yang dijelaskan dapat disampaikan, dan tidak hanya diterima oleh siswa akan tetapi dipahami dengan baik oleh siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning , Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Sep 2016 14:41 |
Last Modified: | 17 Sep 2016 14:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12163 |
Actions (login required)
View Item |