PERANCANGAN JASA LAYANAN BARU DI DJAPA LAUNDRY

RAHMAT SETIAWAN, 113010038 and Rizki Wahyuniardi, Ds and Chevy Herly Sumerli, Ds (2016) PERANCANGAN JASA LAYANAN BARU DI DJAPA LAUNDRY. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
BAB I RAHMAT.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dalam dunia jasa pencucian atau yang dikenal dengan sebutan Laundry, sekarang ini mulai berkembang pesat seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Menurut ketua umum Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI), dalam berita prospek bisnis jasa laundry (2013), bahwa Laundry di daerah Bandung-Jawa Barat mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bisa dilihat dari pelaku usaha laundry mencapai sekitar 407 pada tahun 2009. Dan mengalami perkembangan sampai 786 pelaku usaha Laundry pada tahun 2013. Kenaikan yang terjadi mencapai 48% dari tahun 2009 sampai 2013. Perusahaan Djapa Laundry merupakan salah satu jasa laundry yang bergerak dalam bidang pencucian pakaian. Berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan tersebut, perusahaan mengalami penurunan omset. Perusahaan mulai mengalami penurunaan omset sejak tahun 2011. Meskipun ditahun 2012 omset perusahaan mengalami kenaikan, namun pada tahun 2013 hingga tahun 2014, perusahaan Djapa Laundry mengalami penurunan omset. Bahkan penurunan yang terjadi pada tahun 2014 sangat signifikan yaitu sebesar 65%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SERVQUAL dari Parasuraman dkk (1990), yang mengidentifikasikan kualitas pelayanan ke dalam 5 dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, empathy dan assurance. Pengukuran DEA menghitug layanan baru yang sudah dibuat. Dan menghitung kelayakan bisnis, dimana layak atau tidaknya layanan baru tersebutuntuk direalisasikan. Hasil penelitian yaitu dari 15 layanan baru yang sudah dibuat, ada 8 layanan yang layak untuk direalisasikan. dimana dari 8 layanan baru tersebut sudah dihitung nilai efisiensinya dan sudah dihitung kelayakan bisnisnya. Dimana 8 layanan tersebut layak untuk direalisasikan. Usulan perbaikan yang ditawarkan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan Djapa Laundry yaitu adalah dengan menambahkan, membuat dan merealisasikan 8 layanan baru yang sudah dihitung nilai efisiensinya dan sudah dihitung kelayakan bisnisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 22 Mar 2016 03:39
Last Modified: 22 Mar 2016 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item