PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN POKOK BAHASAN MENGHARGAI PAHLAWAN KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS dengan Pokok Bahasan Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung)

AGISYA BARZAH MAULANA, 105060233 (2016) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN POKOK BAHASAN MENGHARGAI PAHLAWAN KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS dengan Pokok Bahasan Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Penggunaan Model Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Pokok Bahasan Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: seberapa besar pengaruh metode pembelajaran bermain peran pada hasil belajar siswa di kelas V SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Pokok Bahasan Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Teoritis dalam penelitian ini adalah membahas tentang: (1) Pembelajaran; (2) aktvitas belajar (3) Hasil belajar, (4) Pembelajaran IPS; (5) Metode bermain peran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus berdaur, yaitu siklus diulangi jika tujuan yang dirumuskan belum dicapai secara optimal. Setiap siklus pembelajaran terdiri dari empat tahapan: .(1) perencanaan, (2) Pelaksanaan,(3) Pengamatan (observastion), dan (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi, catatan lapangan, penilaian aktivitas bermain peran dan tes hasil belajar yang berupa 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pokok bahasan menghargai pahlawan kemerdekaan Indonesia ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, pada setiap tindakan mengalami peningkatan yang cukup baik sehingga nilai rata-rata siswa meningkat yaitu pada siklus I tindakan 1 rata-rata 60,10, siklus I tindakan 2 rata-rata 7010, siklus II tindakan 1 rata-rata 80,50 dan siklus II tindakan 2 rata-rata 90,20. Dengan demikian, penerapan metode bermain peran, sangat menunjang terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pokok bahasan menghargai pahlawan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Kata kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, metode bermain peran, pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 14 Sep 2016 17:24
Last Modified: 14 Sep 2016 17:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12029

Actions (login required)

View Item View Item