PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SEKOLAH DASAR (SD) DI KECAMATAN ANDIR KOTA BANDUNG)

SURYO IRAWAN, 114020387 (2016) PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SEKOLAH DASAR (SD) DI KECAMATAN ANDIR KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peranan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Fenomena yang muncul pada pencegahan fruad pengelolaan dana BOS adalah mekanisme penyaluran dana BOS yang tidak langsung ditransfer dari bendahara negara ke rekening sekolah, tetapi ditransfer ke kas APBD yang selanjutnya didistribusikan ke rekening sekolah. Namun banyaknya jalur birokrasi yang harus ditempuh dalam proses pencairannya mengundang pihak-pihak tertentu untuk memanfaatkan hal tersebut untuk meraup keuntungan pribadi atau organisasi tertentu yang pada akhirnya menjadi beban bagi sekolah penerima dana BOS, serta pengelolaan data pendidikan melalui aplikasi DAPODIK yang pengerjaannnya terkesan asal-asalan oleh operator sekolah dikarenakan tidak adanya perhatian khusus berupa tambahan penghasilan bagi operator sekolah yang berakibat data yang diperoleh tidak akurat dan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Selain itu penyusunan rencana penggunaan BOS yang diajukan oleh sekolah tidak mengikutsertakan wali murid dan tidak dicantumkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Hal ini mengakibatkan banyak wali murid yang tidak mengetahui BOS maupun penggunaannya. Pada tingkat SD, pungutan sebelum serta sesudah mendapat dana BOS tetap marak. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 70 orang responden. Sampel dalam penelitian ini adalah pengelola dana BOS pada SD di Kecamatan Andir Kota Bandung. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana dalam penelitian ini metode deskriptif menjelaskan tentang Penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dan Pencegahan Fraud Pengelolaan Dana BOS. Data yang dibutuhkan adalah data yang sesuai dengan masalah-masalah yang ada dan sesuai dengan tujuan penelitian, sehingga data tersebut akan dikumpulkan, dianalisis dan diproses lebih lanjut sesuai dengan teori-teori yang telah dipelajari, untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) berpengaruh terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana BOS. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 49,6% pencegahan fraud dipengaruhi oleh peranan sistem pengendalian internal pemerintah (SPIP) dan 50,4% pencegahan fraud dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini berarti semakin baik peranan sistem pengendalian internal pemerintah akan menyebabkan pencegahan fraud pengelolaan dana BOS yang semakin baik juga. Kata Kunci : peranan SPIP, pencegahan fraud, pengelolaan dana BOS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 14 Sep 2016 16:05
Last Modified: 14 Sep 2016 16:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12025

Actions (login required)

View Item View Item