Analisis Sikap Kerja Statis Operator Bagian Maintenance & Assembly PT. NTP - Bandung (Pendekatan aspek Biomekanika dengan Menggunakan Software Catia V5 dan Ergomaster)

Erwin M Pribadi, Ds and Rizki Wahyuniardi, Ds and Anton Herquitanto, Alumni (2009) Analisis Sikap Kerja Statis Operator Bagian Maintenance & Assembly PT. NTP - Bandung (Pendekatan aspek Biomekanika dengan Menggunakan Software Catia V5 dan Ergomaster). Prosiding Seminar Nasional Ergonomi IX 2009. D03-1-D03-8. ISSN 978-979-704-802-0

[img]
Preview
Text
kelengkapan proceeding.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NO 3 - Analisa Sikap kerja.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Image
cover proceeding.jpg

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Nusantara Turbin dan Propulsi sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri Aero Engine dan Industrial Turbine Service, terdapat kasus sikap kerja di stasiun kerja maintenance and assembly yaitu adanya kegiatan pengangkatan yang tidak ergonomis karena sikap kerja operator yang tidak sesuai dengan beban yang diterima pada saat melakukan kegiatan tersebut. Tools yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah menggunakan software ergomaster untuk menilai stasuin kerja, CATIA V5-RULA pada Ergonomics Design & Analysis didukung oleh metoda RULA secara manual dan studi Biomekanika. Dari ergomaster ditengarai terdapat stasiun kerja yang tidak ergonomis. Melalui software CATIA dengan menganalisis postur tubuh operator saat melakukan pengangkatan dengan menggunakan perangkat kerja fixture standing, diperoleh nilai yang sangat tidak ergonomis dengan skor 7 yaitu berada pada level 4 yang berarti perlu segera dilakukan investigasi dan perbaikan fasiltas kerja dengan segera. Begitu pula pada metoda RULA yang dikerjakan secara manual juga menghasilkan nilai dengan skor 7 yaitu berada pada level 4 dengan keterangan sama seperti pada Software CATIA ergonomics design & analysis. Selain itu melalui studi biomekanika diketahui bahwa gaya yang di hasilkan karena kegiatan tersebut menunjukkan hasil yang besar artinya sangat tidak ergonomis, begitu pula dengan hasil momen gaya pada lengan operator menghasilkan harga yang besar, karena gaya yang dihasilkan sebesar 125 Nm pada tiap-tiap joint ditubuh operator. Pada CATIA menghasilkan gaya 127 N dilengan sedangkan studi biomekanika pada perhitungan tangan menunjukkan nilai untuk lengan bawah pada sudut lengan 90 adalah 129.52 N dan momennya 44.145 Nm. Dari keterangan tersebut kemudian dibuat grafik untuk sudut yang berbeda, diperoleh keterangan bahwa semakin besar sudut terhadap garis batang tubuh maka semakin besar pula nilai momen pada titik joint tertentu, yang mengakibatkan semakin besarnya potensi terjadi cidera otot pada operator. Kata kunci : Ergonomi Industri, Biomekanika, Software Catia V5, Software Ergomaster .

Item Type: Article
Subjects: PROCEEDING
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2009
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 14 Sep 2016 13:06
Last Modified: 14 Sep 2016 13:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12002

Actions (login required)

View Item View Item