PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MATHEMATICAL MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Ita Yusritawati, NPM. 148060009 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MATHEMATICAL MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Tesis ita.docx

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa Madrasah Tsanawiyah. Menurut metodenya, penelitian ini merupakan penelitian Mixed Method Strategi Embedded konkuren. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kadugede, adapun samplenya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol, siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1, dan siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian sebanyak 6 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala Self Efficacy dijabarkan dan dieksplorasi dari 4 domain yakni: (1) domain motivasi, (2) domain kognisi, (3) domain perilaku, dan (4) domain emosi, dan lembar observasi serta wawancara mengenai kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling, dan PBL biasa. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1). Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika dan Self Efficacy antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling, PBL biasa, dan model pembelajaran konvensional. (2). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling lebih baik daripada pembelajaran PBL biasa. (3). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling lebih baik daripada pembelajaran konvensional. (4). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) biasa lebih baik daripada pembelajaran konvensional. (5) Kemampuan Self Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling lebih baik daripada pembelajaran PBL biasa. (6). Kemampuan Self Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling lebih baik daripada pembelajaran konvensional. (7). Kemampuan Self Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) biasa lebih baik daripada pembelajaran konvensional. (8). Adanya perubahan Self Efficacy siswa yang lebih baik walaupun belum begitu maksimal. (9). Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan Self Efficacy siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Mathematical Modelling, Kemampuan pemecahan masalah, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 13 Sep 2016 17:49
Last Modified: 13 Sep 2016 17:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11990

Actions (login required)

View Item View Item