PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN CSR PT. ANTAM TERHADAP KEMANDIRIAN PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN KOLAKA SULAWESI TENGGARA

Jorgie Aditya Prawira, 112020041 (2016) PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN CSR PT. ANTAM TERHADAP KEMANDIRIAN PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN KOLAKA SULAWESI TENGGARA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

i ABSTRAK Penelitian ini menganalisis penerapan Program Kemitraan CSR PT. ANTAM yang dilaksanakan di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara yang merupakan bentuk implementasi dari Peraturan Kementrian BUMN No. Per- 05/Mbu/2007 Tentang Program Kemitraan. Tujuan dari Program Kemitraan ini adalah agar para pelaku usaha kecil mampu berkreatifitas menuju kemandirian dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hipotesis utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pelaksanaan Program Kemitraan CSR PT. ANTAM terhadap kemandirian pelaku usaha kecil dan menengah di Kabupaten Kolaka. Dengan sub-sub hipotesisnnya yang pertama adalah terdapat pengaruh pelaksanaan Program Kemitraan terhadap kemampuan memecahkan masalah pelaku usaha kecil dan menengah. Kedua, terdapat pengaruh pelaksanaan Program Kemitraan terhadap kemampuan berinisitaif pelaku usaha kecil dan menengah. Ketiga, terdapat pengaruh pelaksanaan program kemitraan terhadap kepercayaan diri pelaku usaha kecil dan menengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang bersifat Deskriftif Analisis, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi yang sebenarnya pada saat penelitian berupa gambaran sifat-sifat serta hubungan-hubungan antara fenomena yang diselidiki. Data yang diperoleh mula-mula dikumpulkan kemudian dianalisis dan diinterpretasikan guna menguji kebenaran hipotesis yang diajukan. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah area random sampling. Dari 130 populasi diambil sampel sebesar 15%, yaitu sebanyak 20 mitra binaan akan dijadikan kelompok eksperimen dan sebanyak 20 kelompok usaha lain yang akan dijadikan kelompok kontrol, dengan pertimbangan telah mencukupi jumlah sampel minimum. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain studi dokumentasi dan studi lapangan. Serta Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik non parametik dengan menggunakan uji U Mann Whiteny. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara mitra binaan dan pelaku usaha yang tidak mendapat bantuan. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa Program Kemitraan berjalan dengan baik meskipun ada beberapa mitra binaan yang mengalami masalah sama seperti pelaku usaha yang tidak mendapatkan bantuan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 10 Sep 2016 15:00
Last Modified: 10 Sep 2016 15:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item