SITI JABAL ROHMAH, 125060086 (2016) M ENINGKAT K AN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN ASMI PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
00 COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
05 Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
05 Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan sikap teliti dan hasil belajar siswa k elas 5 SDN Asmi. Penelitian ini dilatar belakangi keadaan siswa yang belum memiliki sikap teliti dan hasil belajar siswa yang rendah. P enelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem s iklus yang terdiri dari 2 siklus dalam tiap siklusnya terdiri dari 3 pembelajaran, setiap pembelajaran terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan, observasi dan refleks i. Instrumen yang digunakan dal am peneli tian ini adalah tes dan non tes . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap teliti dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Untuk sikap teliti siklus I kategori baik memperoleh 68%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88%. Untuk hasil belajar ranah kognitif, pada siklus I nilai rata – rata hasil belajar siswa adalah 81 dengan per s entase ketuntasan mencapai 84%. Pada sik lus II nilai rata – rata kelas meningkat menjadi 88 dengan per sentase ketuntasan mencapai 96%. Pada siklus I hasi l belajar ranah sikap spiritual kategori baik memperoleh persentase sebesar 32%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88% yang telah menc apai kategori baik. Untuk hasil belajar ranah sikap sosial pada siklus I memperoleh persentase sebesar 20% kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 80% yang telah mencapai kategori baik. Untuk hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I k ategori baik memperoleh per sentase sebesar 76%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan pencapaian persentase 96%. Adapun h ambatan dalam pembelajaran dengan menggunakan model PBL adalah membutuhkan waktu yang lama dan upaya untuk mengatasi hambatan te rsebut guru harus mengkondisiakn kelas dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan sikap te l iti dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Asmi pada subtema pelestarian lingkungan. Dengan demikian, penerapan model PBL dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model untuk diterapkan pada pembelajaran subtema pelestarian lingkungan di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Teliti, Hasil belajar, Model PBL, Hambatan, Upaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Sep 2016 15:22 |
Last Modified: | 10 Sep 2016 15:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11932 |
Actions (login required)
View Item |