PEN GARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATI S SISWA SMP

FARIDA NOVIATUNNAFSIAH, 125050031 (2016) PEN GARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATI S SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Farida Noviatunnafsiah, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap pelajaran matematika sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap te rhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing . Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Al Falah Kota Bandung tahun ajaran 2015/2016. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Al Falah Kota Bandung seba nyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataa n mengenai pelajaran matematika, model pembelajaran Problem Based Learning d engan Pendekatan Problem Posing , dan kemampuan komunikasi matematis. Tes diujicobakan dahulu di kelas VIII. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk digunaka n penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui software SPSS 22.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Berdasarkan analisis data hasil penelitian , diperoleh kesimpulan : peningkatan kemampuan komunikasi mat ematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; siswa bersikap positif terhadap pembela jaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing . Oleh karena itu, model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelaj arannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Sep 2016 15:22
Last Modified: 10 Sep 2016 15:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11930

Actions (login required)

View Item View Item