PEMBELAJARAN MEMBAHAS ISI PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 KOTA CIMAHI TAHUN PELAJARAN 201 5 /201 6

MEGA ASRI SEPTIYANI, 125030147 (2016) PEMBELAJARAN MEMBAHAS ISI PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 KOTA CIMAHI TAHUN PELAJARAN 201 5 /201 6. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.abstrak inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.daftar pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi - bunyi artikulasi untuk mengekspresikan, menyatakan, atau menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan. Semua siswa pasti memiliki potensi untuk berbicara, termasuk dalam menjelaskan kembali hasil diskusi membah as isi puisi secara lisan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran membahas isi puisi dengan menggunakan metode buzz group pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (a) M ampu kah penulis me rencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran membahas isi puisi dengan menggunakan metode buzz group pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi?; (b) M ampukah siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi mengikuti pembelajaran membahas isi puisi berdasarkan tema, nada, rasa, dan amanat dengan tepat?; dan (c) efektifkah metode buzz group digunakan dalam pembelajaran membahas isi puisi pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (a) P enul is mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran membahas isi puisi dengan menggunakan metode buzz group pada siswa kelas X S MA Pasundan 2 Kota Cimahi; (b) S iswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi mampu membahas isi puisi berdasarkan tema , nada, rasa , dan amanat dengan tepat; (c) M etode buzz group efektif digunakan dalam pembelajaran membahas isi puisi pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian one group pretest - postest de sign . Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) P enulis mampu merencanakan, melaksanakan , dan megevaluasi pembelajaran membahas isi puisi dengan metode buzz group pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi. Hal ini terbukti nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yaitu 3,76. Nilai tersebut termasuk kategori baik. 2) S iswa kelas X SMA Pasundan 2 Kota Cimahi mampu m engikuti pembelajaran m embahas isi puisi berd asarkan tema, nada, rasa, dan amanat dengan tepat . Hal ini terbukti nilai rata - rata pretes yaitu 43,5 dan nilai rata - rata postes 75,23. Terjadi peningkatan sebesar 31,73. 3) M etode buzz group efektif digunakan dalam membahas isi puisi berdasarkan tema, nada, rasa dan amanat. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukan t hitung > t tabel , yaitu 20,29 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Me nganalisis, Teks Puisi, Buzz Grou p.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Sep 2016 15:22
Last Modified: 10 Sep 2016 15:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item