HUBUNGAN PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM BPJS (BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL) DENGAN PARTISIPASINYA DI KELURAHAN CIBADAK KOTA BANDUNG

MELAN WIRASTYANTO, 112020034 (2016) HUBUNGAN PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM BPJS (BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL) DENGAN PARTISIPASINYA DI KELURAHAN CIBADAK KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER - Copy.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 bpjs.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 tinjauan pusaka.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Hubungan Persepsi Masyarakat Tentang Program BPJS ( Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial ) Kesehatan Dengan Partisipasinya Di Kelurahan Cibadak Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : a. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Persepsi Masyarakat tentang Program BPJS ( Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial ) Di Kelurahan Cibadak Kota Bandung. b. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Partisipasi Masyarakat di Kelurahan Cibadak Kota Bandung. c. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Hubungan Persepsi Masyarakat tentang Program BPJS ( Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial ) dengan Partisipasinya Di Kelurahan Cibadak Kota Bandung. Hipotesis yang diajukan adalah “Terdapat Hubungan Persepsi Masyarakat tenang Program BPJS ( Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial ) dengan Partisipasinya Masyarakat Di Kelurahan Cibadak Kota Bandung.”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang bersifat Deskriftif Analisis, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi yang sebenarnya pada saat penelitian berupa gambaran sifat-sifat serta hubungan-hubungan antara fenomena yang diselidiki. Data yang diperoleh mula mula dikumpulkan kemudian dianalisis dan diinterpretasikan guna menguji kebenaran hipotesis yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Non PBI BPJS 300 orang. Berdasarkan Karakteristik responden yang relatif sama serta anggota populasi yang berada di Rw 02 , maka diambil sebesar 10% dari jumlah populasi sehingga diperoleh 30 orang yang dijadikan responden. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Random Sampling, yaitu cara pengambilan sampel yang dilakukan secara acak sehingga dapat dilakukan dengan cara undian atau tabel bilangan random. Skala pengukuran yang digunakan uji Rank Spearman (rs). Dari hasil perhitungan dapat dilihat bahwa hubungan atau korelasi antara Persepsi masyarakat tentang Program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dengan Partisipasinya di Kelurahan Cibadak Kota Bandung sebesar 0.564, hal ini menunjukkan korelasi yang erat dan searah, sehingga dapat dikatakan apabila persepsi masyarakat tinggi maka akan terbentuk partisipasi yang baik dengan besar hubungan 56.4%. Dengan mengambil  = 0.05, dari tabel t0.05,29 = 1.456 hal ini berarti bahwa H 0 ditolak sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa korelasi antara Persepsi masyarakat tentang Program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dengan Partisipasinya di Kelurahan Cibadak Kota Bandung menunjukkan ada korelasi atau hubungan yang berarti dan searah karena nilai korelasi (0.564) > 0.00.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 10 Sep 2016 14:27
Last Modified: 10 Sep 2016 14:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11928

Actions (login required)

View Item View Item