DINAMIKA SOSIAL PEKERJA ANAK DI SEKTOR TAMBANG TIMAH ILEGAL BELITUNG (Studi Kasus tentang Pekerja Anak Di Sektor Tambang Timah Ilegal Desa Lintang Belitung)

ATARI WIDYA NINGSIH, 112020010 (2016) DINAMIKA SOSIAL PEKERJA ANAK DI SEKTOR TAMBANG TIMAH ILEGAL BELITUNG (Studi Kasus tentang Pekerja Anak Di Sektor Tambang Timah Ilegal Desa Lintang Belitung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
cover kualitatif 2 - Copy - Copy.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I revisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II atari.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

i ABSTRAK Pekerja anak adalah sebuah istilah untuk mempekerjakan anak kecil. Istilah pekerja anak dapat memiliki konotasi pengeksploitasian anak kecil atas tenaga mereka, dengan gaji yang kecil atau pertimbangan bagi perkembangan kepribadian mereka, keamanannya, kesehatan, dan prospek masa depan. Meskipun ada beberapa anak yang mengatakan dia ingin bekerja (karena bayarannya yang menarik atau karena anak tersebut tidak suka sekolah), hal tersebut tetap merupakan hal yang tidak diinginkan karena tidak menjamin masa depan anak tersebut. Pekerja anak di sektor tambang timah ilegal, dalam kehidupannya mereka tidak ada yang sempat menikmati keindahan masa kanak kanak, mendapat kesempatan bermain atau pendidikan dan kehidupan yang wajar. Mereka harus bekerja karena menjadi tempat bergantung keluarga. Penelitian ini berjudul “Dinamika Sosial Pekerja Anak Di Sektor Tambang Timah Ilegal Belitung” memiliki tujuan untuk menggambarkan dinamika sosial pekerja anak di sektor tambang timah ilegal Belitung. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis metode studi kasus. Data yang dihasilkan diperoleh dari wawancara mendalam bersama informan yaitu, delapan pekerja anak dua diantaranya yang tercatat tidak bersekolah dan pengamatan di lapangan secara langsung. Kesimpulan dari penelitian tentang dinamika sosial pekerja anak dapat di ketahui bahwa dinamika sosial pekerja anak dalam mengendalikan dan mengatur pola-pola berpikirnya sudah mampu untuk berpikir tentang kehidupan yang mereka hadapi. Dinamika sosial pekerja anak dalam mengendalikan dan mengatur pola-pola merasakannya, pekerja anak sudah mampu memaknai apa yang benar dan apa yang salah, apa yang penting dan yang tidak penting, dan apa yang harus di lakukan dan yang tidak harus di lakukannya. Dinamika sosial pekerja anak dalam memaknai pola-pola menilai sudah cukup baik dan dapat membedakan mana yang baik dan yang tidak baik. Dinamika pekerja anak dalam mengendalikan pola-pola bertindak adalah sudah mampu membuat keputusan keputusan dan pilihan-pilihan terbaik di dalam kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 10 Sep 2016 14:04
Last Modified: 10 Sep 2016 14:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11923

Actions (login required)

View Item View Item