PEMENUHAN KEBUTUHAN PERUMAHAN MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT – MANDIRI (PNPM-M) DI KECAMATAN CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG

Rizky Fauzi Muslim, 082020006 (2016) PEMENUHAN KEBUTUHAN PERUMAHAN MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT – MANDIRI (PNPM-M) DI KECAMATAN CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Cover Riky - Copy.docx

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRACT bahasa inggris.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I Rizki Revisi Unpas-7.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB II iki7.docx

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Riky.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Hasil Penelitian dilakukan melalui studi kasus di Kecamatan Cileunyi tentang Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri (PNPM-M) Rutilahu. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Rutilahu adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan. Disamping itu, PNPM-Mandiri juga bertujuan untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu dengan mengumpulkan data masalah yang aktual pada saat sekarang kemudian disusun secara sistematis dan dianalisis, kemudian disimpulkan sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Keluarga Miskin (KKM) yang sudah mendapatkan bantuan PNPM di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung sebanyak 139 KKM. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel (sampling) menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Sampel yang diambil adalah sebesar 25% dari populasi yaitu 34 KKM. Dapat disimpulkan bahwa masyarakat peserta program sudah dapat memenuhi persyaratan kesehatan dan keamanannya, persyaratan bagi kebutuhan hidupnya, kebutuhan akan pencapaian hidupnya, kebutuhan akan identitas rutilahu, kebutuhan simboliknya dan kebutuhan komunitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2014
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 10 Sep 2016 13:28
Last Modified: 10 Sep 2016 13:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item