PERAN PEMERINTAH DALAM MENGURANGI TINGKAT PENGANGGURAN DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus: Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Pada Bidang Pelatihan Dan Produktivitas Tenaga Kerja)

DESI FITRIANI, 112010106 (2016) PERAN PEMERINTAH DALAM MENGURANGI TINGKAT PENGANGGURAN DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus: Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Pada Bidang Pelatihan Dan Produktivitas Tenaga Kerja). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER DRAFT.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

Abstrak Tingginya tingkat pencari kerja di kota Bandung menuntut pemerintah untuk berperan serta dalam mengurangi tingkat pengangguran. Banyaknya pencari kerja yang tidak dibekali dengan keterampilan dan keahlian sehingga kemampuan yang dimiliki tenaga kerja tidak dapat diaplikasikan pada pekerjaan yang dilaksanakannya. Tingginya tingkat pengangguran di kota bandung dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu dikarenakan jiwa kewirausahaan dikalangan masyarakat kurang, keterampilan dan kemahiran manajerial di bidang bisnis rendah, produktivitas tenaga kerja rendah, bukan karena keterampilan operasional yang kurang, akan tetapi juga etos kerja yang tidak tepat, kedisiplinan mengenai waktu, ketidakcermatan melaksanakan tugas dan loyalitas yang tinggi kepada diri sendiri tetapi tidak pada organisasi. Mengurangi tingkat pengangguran di kota Bandung dapat ditingkatkan dengan adanya pelatihan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan seberapa jauh kualitas mutu tenaga kerja di kota bandung. teori yang digunakan yaitu teori peran pemerintah dari Sondang P Siagian. Metode penelitian yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Penelitan ini menggunakan teknil snowball sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung pada bidang Pelatihan dan Produktivitas tenaga kerja sudah baik. Hanya saja dalam pelaksanaannya banyak terdapat kendala/hambatan seperti sarana dan prasarana yang belum lengkap dan belum memenuhi standar pelatihan tenaga kerja. Namun hal tersebut didukung oleh kerjasama antar instansi/dinas terkait. Upaya yang dilakukan yaitu adanya kerjasama dengan pihak swasta dalam mendukung program-program dalam pelatihan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 10 Sep 2016 12:33
Last Modified: 10 Sep 2016 12:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item View Item