PEMBUATAN DAN PENGUJIAN SISTEM PERTUKARAN SUMBER LISTRIK DARI SEL SURYA DAN PLN ATAU SEBALIKNYA PADA JAM DIGITAL MENGGUNAKAN ATS (AUTOMATIC TRANSFER SWITCH)

SURYATNA, 113030117 and Endang Ahdi, DS and Agus Sentana, DS (2016) PEMBUATAN DAN PENGUJIAN SISTEM PERTUKARAN SUMBER LISTRIK DARI SEL SURYA DAN PLN ATAU SEBALIKNYA PADA JAM DIGITAL MENGGUNAKAN ATS (AUTOMATIC TRANSFER SWITCH). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I (PENDAHULUAN).pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III (METODOLOGI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB II (DASAR TEORI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V (PENGUJIAN DAN ANALISIS).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV (PEMBUATAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sumber energi konvensional yaitu bahan bakar yang berasal dari fosil seperti bahan bakar minyak bumi akan mengalami penurunan drastis di masa mendatang. volume cadangan minyak dari hari ke hari semakin berkurang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Hal ini terlihat dari pemakaian kebutuhan bahan bakar minyak yang semakin meningkat tajam pada bidang industri dan transportasi pada akhir-akhir ini. apa yang terjadi bila persedian cadangan minyak dunia sudah tidak dapat lagi mencukupi kebutuhan masyarakat. Suatu alternatif lain perlu dicari untuk mendapatkan sumber energi alam pengganti. Sumber energi matahari merupakan salah satu harapan utama sebagai sumber energi alam yang hampir dapat dikatakan tidak akan habis. dan diharapkan dapat mengurangi dampak pemanasan global yang disebabkan oleh gas buang karbon dioksida, metan, nitrous oxide dan sulfur heksaflourida yang membentuk efek rumah kaca yang menyelimuti bumi. untuk mengatasi permasalahan ini, dengan menggunakan PLTS dapat menjadi energi yang ramah lingkungan dan dapat mereduksi emisi gas buang ke udara. Dalam upaya pencarian sumber energi baru dan terbarukan sebaiknya memenuhi syarat yaitu menghasilkan jumlah energi yang cukup besar, biaya ekonomis dan secara langsung tidak berdampak negatif terhadap lingkungan.Berkaitan dengan permasalahan yang diuraikan di atas, maka melalui penelitian tugas akhir ini akan diupayakan suatu sistem pertukaran sumber listrik dari sel surya dan PLN atau sebaliknya pada jam digital menggunakan ATS (Automatic Transfer Switch). Proses pembuatan sistem ATS (Automatic Transfer Switch) yang telah dibuat meliputi perakitan dan pemasangan komponen-komponen sel surya dan PLN serta pengujian. Biaya pembuatan sistem petukaran sumber listrik dari sel surya dan PLN pada jam digital dengan menggunakan ATS (Automatic Transfer Switch) sebesar Rp. 4.515.000 (Empat juta lima ratus lima belas ribu rupiah).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 09 Sep 2016 19:06
Last Modified: 14 Sep 2016 16:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item