ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN GUNA MEMINIMALKAN BIAYA PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN DRY-FIT PADA CV. SSR INDUSTRIES BANDUNG

Restu Dwiki Herlambang, 114010264 (2016) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN GUNA MEMINIMALKAN BIAYA PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN DRY-FIT PADA CV. SSR INDUSTRIES BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BISMILLAH.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER BISMILLAH.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I BISMILLAH.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II BISMILLAH.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di CV. SSR Industries Bandung. CV. SSR Industries merupakan salah satu perusahaan penghasil peralatan dan perlengkapan sepeda terbesar di Jawa Barat, produk yang paling dikenal di perusahaan ini adalah baju sepeda (jersey) yang memiliki bahan yang sangat nyaman untuk dipakai bersepeda juga desain-desain yang artistik. Selain produk jersey perusahaan ini juga memproduksi berbagai macam perlengkapan sepeda seperti sepatu, tas, sarung tangan, helm, jas hujan, masker dan berbagai macam onderdil sepeda lainnya menjadikan perusahaan ini mampu bersaing dengan industri serupa seperti AHRS dan SND Racing Product. Dalam proses pembuatan jersey CV. SSR Industries menggunakan kain dry-fit berwarna putih yang merupakan bahan baku utama. Bahan baku kain dry-fit ini dibeli oleh perusahaan dari pemasok dengan harga Rp.101.000 / Kg. Ini merupakan harga yang tidak murah mengingat perusahaan harus mengeluarkan biaya investasi yang cukup besar disamping itu perusahaan harus mengadakan persediaan agar proses produksi tetap berjalan dengan lancar dan tidak terhenti dikarenakan kekurangan persediaan. Analisis dengan menggunakan Penentuan persediaan bahan baku kain Dry-fit dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) mengahsilkan frekuensi pemesanan bahan baku sebanyak 4 kali dalam setiap periode, dengaan frekuensi tersebut perusahaan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.600.000,- meskipun biaya penyimpanan naik menjadi Rp. 9.915.675,-. Dengan demikian total biaya persediaan yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) sebanyak Rp. 20.515.675,-. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada CV. SSR Industries untuk melakukan frekuensi pemesanan sebanyak 4 kali dalam setiap periode dengan tujuan agar biaya persediaan bias di minimalisasi. Kata kunci: Pengendalian Persediaan, meminimalkan biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2011
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 08 Sep 2016 19:09
Last Modified: 08 Sep 2016 19:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item