PENGARUH TATA RUANG TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI PUSAT PEMBINAAN PENDIDIKAN TK-SD KECAMATAN CUGENANG KABUPATEN CIANJUR PROVINSI JAWA BARAT

ERYADI RIZAL AKHIR, 102010088 (2016) PENGARUH TATA RUANG TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI PUSAT PEMBINAAN PENDIDIKAN TK-SD KECAMATAN CUGENANG KABUPATEN CIANJUR PROVINSI JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah efektivitas kerja pegawai Pusat Pembinaan Pendidikan TK-SD Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur yang ditandai dengan tingkat keterlambatan pegawai, ketidakhadiran pegawai, tidak tercapainya target pencapaian kinerja sehingga tujuan organisasi tidak dapat tercapai, serta pelanggaran lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh tata ruang terhadap efektivitas kerja pegawai serta untuk mengetahui hambatan-hambatan pelaksanaan tata ruang terhadap efektivitas kerja dan usaha-usaha untuk menanggulangi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan tata ruang terhadap efektivitas kerja pegawai. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, sedangkan teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi observasi non pertisipan, wawancara dan penyebaran angket dengan menggunakan teknik aksidental yang disebarkan kepada 24 responden. Hasil dari penelitian yang diperoleh bahwasannya Pusat Pembinaan Pendidikan TK-SD Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur belum sepenuhnya menerapkan syarat-syarat tata ruang sehingga berpengaruh terhadap masih rendahnya efektivitas kerja pegawai. Hambatan-hambatan yang dihadapi antara lain: kurang memperhatikan jarak terpendek, tidak memberikan perincian tugas dengan jelas kepada pegawai, penyelesaian pekerjaan masih belum sepenuhnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, kekurangan anggaran yang menunjang pelaksanaan pekerjaan pegawa. Usaha-usaha untuk mengatasinya antara lain: Pusbindik akan berusaha menata ulang tata ruang kantor dan menempatkan setiap unit kerja saling berhubungan, memberikan perincian tugas yang jelas menyangkut tugas-tugas apa saja yang harus diselesaikan oleh pegawai, membantu menyediakan anggaran yang memadai dan data-data yang menunjang proses penyelesaian pekerjaan. Kesimpulan yang dapat diambil antara lain berdasarkan kriteria interpretasi koefisien determinasi menunjukan, bahwa terdapat pengaruh tata ruang terdapat pengaruh yang positif. Dengan demikian, hipotesis konseptual mengenai tata ruang terhadap efektivitas kerja pegawai teruji. Saran-saran dari peneliti diantaranya lebih memperhatikan jarak tempuh dan satuan kerja sehingga aktifitas kerja berjalan dengan lancar, lebih memperhatikan luas ruangan yang tersedia dan jumlah pegawai yang sesuai dengan luas ruangan yang ada sesuai dengan tata ruang kantor yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2014
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 08 Sep 2016 17:37
Last Modified: 08 Sep 2016 17:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11801

Actions (login required)

View Item View Item