AYU ASTRIA, 125050079 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Penenitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemempuan pemecahan masalah matematis siswa di kota Bandung berdasarkan hasil penelitian Sumarno (Rahma,2011). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika bahwa sebagian besar siswa SMA Kartika XIX-1 Bandung masih tidak terbiasa dengan soal-soal pemecahan masalah dan masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran metode Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) dan pembelajaran Ekspositori, 2) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran metematika melalui metode pembelajaran Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Kartika XIX-1 Bandung dan sampelnya adalah siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes tipe uraian dan skala sikap menggunakan skala Likert. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik parametrik, yaitu Two Tail Test dan One Tail Test melalui program SPSS 22.0 for Windows. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran metode Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) dan pembelajaran Ekspositori, 2) sikap siswa positif terhadap pembelajaran metematika melalui metode Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Oleh karena itu metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif, dan menyenangkan. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Penemuan terbimbing (Discovery Learning), Sikap
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 15:03 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 15:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11779 |
Actions (login required)
View Item |