KONTRIBUSI BRICS TERHADAP DINAMIKA EKONOMI GLOBAL (ANALISIS TERHADAP PERBANDINGAN KEKUATAN EKONOMI BRICS DAN KEKUATAN EKONOMI UNI EROPA)

Raden Riandika Septianto, 122030018 (2016) KONTRIBUSI BRICS TERHADAP DINAMIKA EKONOMI GLOBAL (ANALISIS TERHADAP PERBANDINGAN KEKUATAN EKONOMI BRICS DAN KEKUATAN EKONOMI UNI EROPA). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.doc

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.doc

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (73kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.doc

Download (16kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Berakhirnya Perang Dingin telah mengakhiri semangat sistem internasional bipolar dan berubah pada multipolar atau secara khusus telah mengalihkan persaingan yang bernuansa militer kearah persaingan atau konflik kepentingan ekonomi diantara Negara-negara di dunia ini. Pasca Perang Dingin yang ditandai dengan berakhirnya persaingan ideologi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet telah mempengaruhi isu-isu Hubungan Internasional yang sebelumnya lebih fokus pada isu-isu high politics (isu politik dan keamanan) kepada isu-isu low politics (misalnya, hak asasi manusia, ekonomi, lingkungan hidup, terorisme) yang dianggap sudah sama penting dengan isu high politics. Dengan kata lain, dapat pula dinyatakan bahwa dengan berakhirnya Perang Dingin yang ditandai oleh keruntuhan rezim komunis Uni Soviet, maka dunia dipenuhi oleh harapan-harapan akan terciptanya tata dunia baru yang lebih damai, aman, dan sejahtera. Dalam kerangka pemikiran, premis mayor yang digunakan peneliti adalah hubungan internasional, organisasi internasional, ekonomi politik internasional, pertumbuhan ekonomi, regionalisme, neoliberalisme, dependensi dan tatanan dunia baru. Sedangkan premis minor peneliti yaitu, konsep BRICS dan tatanan ekonomi Uni Eropa. Berdasarkan premis mayor dan minor yang peneliti gunakan dalam kerangka pemikiran maka peneliti mengambil hipotesis: “Apabila BRICS muncul sebagai sebuah kekuatan ekonomi baru, maka BRICS akan memberikan kontribusi bagi dinamika ekonomi global (analisis terhadap perbandingan pertumbuhan ekonomi BRICS dan Uni Eropa).” Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif. Dimana, dengan metode ini menjelaskan pertumbuhan ekonomi BRICS dan Uni Eropa, daya saing kekuatan ekonomi BRICS dan Uni Eropa, serta rivalitas yang muncul khususnya dalam bidang perekonomian dengan menggunakan data kualitatif yang berbentuk kata, skema, dan gambar. Kata kunci: EKONOMI BRICS, EKONOMI UNI EROPA, DINAMIKA EKONOMI GLOBAL.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 08 Sep 2016 14:27
Last Modified: 08 Sep 2016 14:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item View Item