CITIZEN JOURNALISM SEBAGAI BENTUK JURNALISTIK MODERN (Studi Fenomenologi Citizen Journalism Di Kanal Net Citizen Journalist)

Mochamad Rizki Hermadinata, 122050046 (2016) CITIZEN JOURNALISM SEBAGAI BENTUK JURNALISTIK MODERN (Studi Fenomenologi Citizen Journalism Di Kanal Net Citizen Journalist). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul : “CITIZEN JOURNALISM SEBAGAI BENTUK JURNALISTIK MODERN : Studi Fenomenologi Citizen Journalism Di Kanal Net Citizen Journalist”. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Citizen Journalism Sebagai Bentuk Jurnalistik Modern. Internet yang tumbuh sebagai media baru dalam menyediakan informasi secara cepat memunculkan kegiatan jurnalisme baru. Kehadiran citizen journalism membentuk berita tidak lagi milik para jurnalis profesional, namun kini wargapun memiliki berita untuk disebarluarkan sebagai informasi. Citizen Journalism mampu menyajikian berita yang luput dari perhatian media massa umunnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Fenomenologi Transendental dari pemikiran Edmud Husserl sebagai dasar dari penelitian. Fenomena bertugas untuk menjelaskan thing in themselves, mengetahui apa yang masuk sebelum kesadaran, dan memahami makna dan esensinya, dalam intuisi dan refleksi diri. Proses ini memerlukan penggabungan dari apa yang nampak, dan apa yang ada dalam gambaran orang yang mengalaminya. Hasil penelitian menunjukan hadirnya citizen journalism merupakan bentuk dari jurnalistik modern. Hal itu di tegaskan bahwa kegiatan jurnalistik tidak lagi milik media yang memiliki jurnalis profesional di dalamnya namun masyarakat luaspun bisa melakukan hal serupa. Didukung dengan perkembangan teknologi informasi yang kian pesat menabah kegiatan jurnalistik semakin modern. Citizen Journalism adalah wajah masa depan dari pemberitaan. Saat ini banyak orang yang memiliki ponsel dengan camera dan video rekaman di dalamnya. Ia bisa mengumpulkan informasi dan menyebarkan informasi tersebut tanpa adanya interfensi dari media. Mereka menyebut kegiatan citizen journalism adalah hobi untuk berbagi informasi. Latar belakang mereka melakukan kegiatan citizen journalism memperngaruhi prilaku dan cara pandang mereka. citizen journalism dianggap sebagai penyalur aspirasi, protes, tanggapan juga untuk bisa membantu masyarakat. Pengalaman yang membuat pemahaman itu muncul dalam kesadaran dan dipengaruhi oleh lingkungan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 07 Sep 2016 18:54
Last Modified: 07 Sep 2016 18:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11762

Actions (login required)

View Item View Item