PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ESI YULASTRI, 115030017 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (42kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

Abstract

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan program yang komprehensif untuk mengajarkan membaca dan menulis pada sekolah menengah. Berkaitan dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Menganalisis Makna Piktorial dalam Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun perumusan masalah yang penulis ajukan adalah sebagai berikut: 1) mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar? 2) mampukah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan tepat? 3) efektifkah metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar? Hipotesis yang dirumuskan penulis sebagai berikut: 1) penulis mampu merenca-nakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar; 2) siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen de-ngan tepat; dan 3) metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,62 yang termasuk kategori sangat baik; 2) siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 1,8 dan nilai rata-rata postes sebesar 3,3. Peningkatannya sebesar 1,5; dan 3) metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 14,146, ttabel 2,05. Pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 27. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran, Menganalisis, Makna Piktorial, Teks Cerpen, dan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 21 Mar 2016 10:16
Last Modified: 21 Mar 2016 10:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item