PENGARUH SISTEM AKUNTANSI INSTANSI DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORANKEUANGAN (Studi pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bandung I)

Bethirani Septiyanti, 124020199 (2016) PENGARUH SISTEM AKUNTANSI INSTANSI DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORANKEUANGAN (Studi pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bandung I). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img] Text
Cove & Lembar pengesahan.docx

Download (74kB)
[img] Text
abstrak.doc

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRACT .docx

Download (12kB)
[img] Text
BAB I New.doc

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Sistem akuntansi instansi merupakan sebuah bentuk sistem yang memberikan informasi mengenai laporan keuangan pada suatu instansi pemerintah. Salah satu bentuk informasi tersebut mengenai laporan keuangan yang transparan dan akuntabel. Masih adanya laporan keuangan yang tidak dikerjakan dengan tepat waku pada saat rekonsiliasi serta adanya satuan kerja yang tidak membawa Lembar Pertanggung Jawaban (LPJ) dan masih terdapat adanya kesalahan dalam memasukan data ke dalam SAI menunjukan bahwa kualitas laporan keuangan instansi pemerintah tersebut masih memerlukan penyempurnaan secara terus menerus. Faktor yang sangat berpotensi dalam mempengaruhi baik buruknya kualitas laporan keuangan adalah sistem pengendalian internal dan sumber daya manusia. Berdasarkan pada PP No. 71 Tahun 2010 kualitas laporan pemerintah baik pusat maupun daerah harus memiliki karakteristik kualitatif yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan dan dapat dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem akuntansi instansi dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan terhadap satuan kerja (SATKER) yang berada di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bandung I. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada satuan kerja sejumlah 30 orang. Analisi dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Setelah data dikumpulkan data dianalisis menggunakan program SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Sistem Akuntansi Instansi berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan dan Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Selain itu secara bersama-sama Sistem Akuntansi Instansi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh Positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Kata Kunci: Sistem Akuntansi Instansi, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kulitas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 07 Sep 2016 15:51
Last Modified: 07 Sep 2016 15:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11715

Actions (login required)

View Item View Item