KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TERHADAP BILANGAN DESIMAL MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA KALKULATOR

FENNY KHADRIANA, NPM. 128612008 (2014) KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TERHADAP BILANGAN DESIMAL MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA KALKULATOR. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (23kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis (KPM) dan Kemampuan komunikasi matematis (KKM) merupakan hal yang sangat penting dan perlu ditingkatkan dalam pembelajaran matematika. Untuk itu, guru dalam memilih pendekatan pembelajaran perlu mempertimbangkan keterkaitan materi dengan benda-benda yang konkrit dan suasana belajar yang dapat memotivasi dan mendorong siswa belajar mencapai kemampuan tersebut. Kesulitan belajar matematika merupakan hal yang lazim dihadapi oleh seorang siswa sekolah dasar. Untuk itu perlu usaha guru untuk mencari model pembelajaran yang mendukung suasana belajar. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan KPM dan KKM adalah Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Siswa SD juga perlu diperkenalkan penggunaan kalkulator terutama dalam mengecek dan menaksir suatu permasalahan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatan KPM dan KKM yang lebih baik antara siswa dengan PMR dan media kalkulator dan siswa dengan pembelajaran konvensional(PK), ditinjau dari keseluruhan dan kategori kemampuan awal matematika (KAM) siswa (unggul, papak,asor). Sikap siswa terhadap PMR dengan media kalkulator ditinjau dari wawancara dan lembar observasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok eksperimen-kontrol postes. Subjek penelitian melibatkan 143 orang siswa kelas V SD yang berasal dari dua sekolah yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah: 1)Terdapat perbedaan yang signifikan KPM antara siswa yang mendapatkan PMR dan media kalkulator dengan siswa yang mendapatkan PK. 2)Terdapat perbedaan yang signifikan KKM antara siswa yang mendapatkan PMR dan media kalkulator dengan siswa yang mendapatkan PK.3)Terdapat perbedaan yang signifikan KPM berdasarkan level pengetahuan pada siswa yang mendapatkan PMR dan media kalkulator dengan siswa yang mendapatkan PK. KAM berpengaruh pada pembelajaran sehingga hasil KPM kedua pembelajaran berbeda.4) Terdapat perbedaan yang signifikan KKM berdasarkan level pengetahuan pada siswa yang mendapatkan PMR dan media kalkulator dengan siswa yang mendapatkan PK. KAM berpengaruh pada pembelajaran sehingga hasil KKM kedua pembelajaran berbeda.5)Aktivitas siswa dalam pembelajaran PMR dengan media kalkulator terlihat aktif dan siswa merasa senang dan termotivasi dalam belajar. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, media kalkulator, kemampuan pemahaman matematis, dan kemampuan komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 Sep 2016 15:43
Last Modified: 07 Sep 2016 15:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item