PELAJARAN ’GERAK DAN LAGU’ DALAM MENINGKATKAN BAKAT MUSIK ANAK USIA DINI DI TK AT-TAQWA GEGERKALONG, BANDUNG. JEUMPA DWIYANA 12.6040030

JEUMPA DWIYANA DAN AHMAD HIDAYAT DAN R.YENI DWICAHYANI (2016) PELAJARAN ’GERAK DAN LAGU’ DALAM MENINGKATKAN BAKAT MUSIK ANAK USIA DINI DI TK AT-TAQWA GEGERKALONG, BANDUNG. JEUMPA DWIYANA 12.6040030. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
data Jeumpa.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Proses pembelajaran musik pada usia dini membutuhkan penanganan dan perlakuan khusus mengingat motorik, afeksi, dan kognisi mereka masih dalam tahap perkembangan. Penelitian ini membahas tentang peran “Pelajaran Gerak dan Lagu dalam meningkatkan bakat musik pada anak usia dini di TK At-Taqwa Gegerkalong”. Pada penelitian ini peneliti menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Seluruh informasi tersebut oleh peneliti dianalisis dan dituangkan melalui kata-kata dan bukti empiris dalam bentuk gambar dengan tanpa bermaksud menyimpulkan secara general. Permasalahan mayor dari penelitian ini adalah tentang bagaimana peranan erak dan lagu dalam meningkatkan bakat musik pada anak usia dini. Hasil analisis menunjukan bahwa pembelajaran gerak dan lagu ini cukup efektif untuk mengurangi permasalahan yang terjadi di lapangan, seperti kurangnya percaya diri, ingatan tonal, pitch dan tempo yang kurang baik pada saat bernyanyi pada anak. Bernyanyi dengan menggunakan gerakan ternyata mampu membuat anak lebih percaya diri, serta berekspresi dengan baik. Selain itu dengan latihan gerak dan lagu yang dilakukan secara konstan, telah mampu meningkatkan daya ingat, daya fokus, dan perkembangan motorik pada anak. Kata Kunci : Pembelajaran gerak dan lagu, Bakat musik anak, Anak usia dini, Pembelajaran musik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2016
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 07 Sep 2016 15:43
Last Modified: 07 Sep 2016 15:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item View Item