PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA KATA POLISEMI DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ANGGRAENI SITI ASTUTI, 115030010 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA KATA POLISEMI DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.rtf

Download (795kB)
[img] Text
Abstrak.rtf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)

Abstract

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulisan. Permasalah skripsi ini meliputi: (1) kemampuan penulis melaksanakan Pembelajaran Menganalisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen dengan menggunakan Metode TGT pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar; (2) kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar dalam menganalisis makna kata polisemi dalam teks cerpen dalam Pembelajaran Menganalisis Makna Kata Polisemi dengan menggunakan Metode TGT; (3) ketepatan model TGT yang digunakan dalam Pembelajaran Menganalisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Untuk mengetahui masalah di atas, penulis mengadakan penelitian dengan tujuan: (1) untuk memperoleh gambaran kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menganalisis makna kata polisemi dalam teks cerpen dengan menggunakan metode TGT pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar; (2) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar dalam pembelajaran menganalisis makna kata polisemi dalam teks cerpen dengan tepat; (3) untuk mengetahui keefektifan metode TGT yang digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna kata polisemi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Hipotesis yang dirumuskan adalah: (1) penulis mampu menggunakan metode TGT pada Pembelajaran Menganalisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar; (2) siswa mampu menganalisis makna kata polisemi dalam teks cerpen dengan menggunakan metode TGT; (3) Metode TGT efektif digunakan dalam Pembelajaran Menganalisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh nilai rata-rata untuk persiapan yaitu 3,63 dan nilai rata-rata untuk pelaksanaan adalah 3,8 dengan kategori baik sekali (A). Sementara untuk hasil rata-rata pretes yaitu 1,01 dan rata-rata postes 2,55 dengan selisish nilai 5,3. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar Tahun Pelajaran 2015/2016, mampu Menganalisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen dengan menggunakana metode dengan baik. Dalam hal ini, dari hasil perhitungan statistik dan hasil perhitungan taraf signifikan pun diketahui bahwa thitung > ttabel , yaitu 1,29 >28,75. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan dengan menggunakan metode TGT. Penggunaan model pembelajaran yang menarik dapat memotivasi siswa agar belajar aktif, kreatif, komunikatif, menyenangkan serta tidak jenuh. Oleh karena itu, hendaknya guru Bahasa dan Sastra Indonesia harus pandai membuat dan menyajikan model-model pembelajaran yang dapat membuat kemudahan dalam penyampaian materi kepada siswa. Kata kunci: Pembelajaran Menganalisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen dengan menggunakan Metode TGT.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 21 Mar 2016 10:12
Last Modified: 21 Mar 2016 10:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item