PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

H. Hujatul Islam, 125050054 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(5) abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(1) cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6)BAB 1 fix.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) BAB II fix.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(11) DAFTAR PUSTAKAfix.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan cabang ilmu yang sangat penting sehingga di juluki Queen of science. Matematika mengajarkan untuk berprilaku sosialis lewat berkomunikasi. Namu n beberapa penghambat berkomunikasi matematis adalah tidak tepatnya penggunaan metode atau model pembelajaran untuk menunjang tergalinya potensi komunikasi matematis siswa. Model pembelajaran alternatif yang dapat menunjang kemampuan komunikasi matematis a dalah Pendid ikan Matematika Realistik (PMR). Adapun tujuan penelitian ini adalah : (i) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) lebih baik daripada ya ng menggunakan pembelajaran konvensional. (ii) Untuk mengetahui gambaran sikap siswa terhadap metode pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR). (iii) Untuk mengetahui korelasi antara kemampuan komunikasi m atematis dengan sikap siswa. Populasi yang dipilih adalah SMP Pasundan 1 Bandung, adapun sampelnya adalah siswa kelas VII dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan tes kemampuan komunikasi matematis berupa uraian dan skala s ikap. Analisis data menggunakan Mann - Whitney U. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, terdapat sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan terdapat korelasi antara model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan sikap siswa. Kata kunci : Pendidikan Matematika Realistik (PMR) , Komunikasi matematis, pembelajaran konvensional, sikap

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Sep 2016 12:47
Last Modified: 07 Sep 2016 12:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11673

Actions (login required)

View Item View Item