“MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI”

Dina Fadillah Hayati, 125060179 (2016) “MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model example non example pada pembelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan teknologi transportasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Jamuraya dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan aktivitasnya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model example non example. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran example non example yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian aktivitas dan hasil tes belajar. Pada penilaian aktivitas nilai rata-rata siklus 1 yaitu 65 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 75,5. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 60,80, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73,87. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model example non example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi di kelas IV SDN Jamuraya. Dengan demikian, penggunaan model example non example dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: example non example, aktivitas, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Sep 2016 12:39
Last Modified: 07 Sep 2016 12:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item