THOSISIMA MARITSA LABIBA, 125030101 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KARTU KALIMAT PADA SISWA KELAS XI SMK MEDIKACOM BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
7.1 ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
12 BAB I.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB II.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR IS1.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk menulis atau memproduksi teks ekplanasi kompleks, merupakan salah satu teknik pembelajaran yang menekankan pada konsep kerja sama siswa di dalam kelompok atau mitra. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik kartu kalimat pada siswa kelas XI SMK Medikacom Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik kartu kalimat pada siswa kelas XI SMK Medikacom Bandung?; 2) Mampukah siswa kelas XI AKN-A SMK Medikacom Bandung memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik kartu kalimat; dan 3) Efektifkah teknik kartu kalimat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI AKN-A SMK Medikacon Bandung?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis teks ekplanasi kompleks dengan menggunakan teknik kartu kalimat pada siswa kelas XI SMK Medikacom Bandung 2) Siswa kelas XI SMK Medikacom Bandung mampu menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik kartu kalimat. 3) Teknik kartu kalimat tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik kartu kalimat pada siswa kelas X SMK Medikacom Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. a. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan teknik kartu kalimat pada siswa kelas XI SMK Medikacom Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6. Kemampuan penulis termasuk kategori baik (A). b. Siswa kelas XI AKN-A SMK Medikacom Bandung mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik kartu kalimat. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 4,6 dan nilai rata-rata postes 8,16. Peningkatannya sebesar 3,56. c. Teknik kartu kalimat tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 18,8, ttabel sebesar 2,04 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 29. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci : pembelajaran, memproduksi, teks ekplanasi kompleks, kartu kalimat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 18:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 18:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11643 |
Actions (login required)
View Item |