DAMPAK KERJASAMA SISTER CITY KOTA BANDUNG DENGAN KOTA SUWON (REPUBLIK KOREA) DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DI KOTA BANDUNG (PERIODE 2008-2013)

M. Priyudi Ekananda, 102030020 (2016) DAMPAK KERJASAMA SISTER CITY KOTA BANDUNG DENGAN KOTA SUWON (REPUBLIK KOREA) DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DI KOTA BANDUNG (PERIODE 2008-2013). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi meh jadi Diplomat ka Korea! BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi meh jadi Diplomat ka Korea! BAB II.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

v ABSTRAK Sifat hubungan internasional yang bercorak transnasional ini memang menjadi kecenderungan dunia setelah munculnya era globalisasi. Kondisi demikian memacu negara untuk mengembangkan pola politik luar negerinya supaya dapat terjalin kerjasama dengan berbagai negara. Kerjasama internasional tersebut telah meluas dan tidak hanya sebatas antara pemerintah negara saja, namun mulai melibatkan pemerintah daerah suatu negara. Kehadiran Pemerintah Lokal dalam hubungan internasional sebagai aktor baru membawa nuansa baru dalam dunia internasional yang dulu didominasi oleh negara.Lahirnya aktor Pemerintah Lokal tersebut merupakan awal dari munculnya jaringan-jaringan Sister City diseluruh dunia. Dan salah satu aktor Pemerintah Lokal tersebut adalah Pemerintah Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandungpertama kali mengadakan hubungan Sister City padatahuna 1960 dengan Kota Braunschweig, Jerman dan berlanjut mengadakan kerjasama Sister City dengan daerah-daerah lain. Salah satu daerah yang menjadi mitra kerjasama Sister City Kota Bandung adalah Kota Suwon, Republik Korea. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari kerjasama tersebut, mengetahui dampak yang dihasilkan dari kerjasama Sister City tersebut terhadap perkembangan pendidikan dan kebudayaan di Kota Bandung dan agar masyarakat luas mengetahui tentang kerjasama Sister City Kota Bandung ini. Terdapat pula rumusan masalah yang penulis rumuskan guna memudahkan penulis dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai indentifikasi masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana implementasi dari kerjasama Sister City Kota Bandung dengan Kota Suwon dalam bidang pendidikan dan kebudayaan agar dapat meningkatkan hubungan baik antar kedua kota. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif. Yaitu penelitian yang bersifat memberikan gambaran mengenai kondisi yang terjadi dalam usaha-usaha melakukan kerjasama yang telah disetujui, melakukan kajian kepustakaan terhadap dokumen-dokumen yang ada melalui buku, jurnal, koran harian, website dan media pendukung lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kerjasama Sister City antara Kota Bandung dengan Kota Suwon dalam bidang pendidikan dan kebudayaan telah diimplementasikan dengan baik sehingga berdampak kepada meningkatnya bidang pendidikan Kota Bandung dan Kota Suwon dan berkembangnya kebudayaan kedua kota. Kata Kunci : Sister City

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2014
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 06 Sep 2016 15:27
Last Modified: 06 Sep 2016 15:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11615

Actions (login required)

View Item View Item