NADIA DESTIANA MAUDY, NPM. 121000039 (2016) TINJAUAN YURIDIS KRIMINOLOGIS CYBER BULLYING SISWA (SMAN Y) DI JAKARTA DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
12. LEMBAR PENGESAHAN DEKAN.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Di Indonesia pengguna terbanyak internet adalah anak-anak dan remaja, bila tidak dibimbing dan diawasi oleh orangtua akan berdampak buruk bagi anak, karena anak dan remaja tanpa disadari dapat melakukan suatu tindak pidana. Selain anak akan dengan mudahnya mengakses situs terlarang, anak pun cenderung melakukan intimidasi terhadap temannya, intimidasi dalam bentuk ini disebut dengan cyber bullying. Dalam prakteknya telah terjadi aksi cyber bullying di antara anak dan remaja SMA di Jakarta, yaitu siswa di (SMAN Y) yang mengintimidasi temannya melalui Facebook. Dengan semakin meningkatnya tindakan cyber bullying yang terjadi dikalangan anak dan remaja Indonesia, maka dari itu penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor penyebab anakanak dan remaja melakukan cyber bullying, kemudian cyber bullying termasuk tindak pidana menurut Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta upaya penanggulangan yang dapat dilakukan terhadap tindakan cyber bullying. Penelitian ini menggunakan spesifikasi deskriptif-analisis dengan metode pendekatan yuridis normatif. Tahap penelitian yang dilakukan adalah melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Sesuai dengan metode pendekatan yang diterapkan, maka data yang diperoleh untuk penelitian ini dianalisis secara yuridis kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa penyebab anak-anak dan remaja melakukan cyber bullying tersebut dari faktor penegakan hukum dan faktor kriminologis. Faktor penegakan hukum diuraikan menjadi lima faktor yang mempengaruhi yaitu faktor hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana/fasilitas, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan, kemudian faktor-faktor tersebut dikaitkan dengan faktor kriminologis yaitu teori differential assosiation dan teori kontrol sosial. Cyber bullying sebagai suatu tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik yang diatur dalam Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang No. 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, oleh karena itu anak dan remaja yang melakukan cyber bullying harus dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya. Hanya saja, Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang No. 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak tidak dapat dikesampingkan, karena para pelaku merupakan anak di bawah umur. Upaya penanggulangan cyber bullying harus dilakukan oleh berbagai lapisan elemen, seperti masyarakat melakukan sosialisasi tentang cyber bullying, penegak hukum dan pemerintah dapat menggunakan upaya represif untuk menekankan bahwa hukum tidak pandang bulu dan upaya preventif dengan melakukan penyuluhan hukum kepada masyarakat, sedangkan orangtua harus dapat mengontrol penggunaan gadget pada anak, agar tindakan cyber bullying di Indonesia tidak semakin meningkat. Kata Kunci Cyber Bullying, Anak-anak dan Remaja, Kriminologi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2012 |
Depositing User: | Ramadhan S - |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 15:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 15:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11597 |
Actions (login required)
View Item |