PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN ASIMETRI INFORMASI DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perum Perumnas Regional IV Bandung)

Mayang Cintani, 124020011 (2016) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN ASIMETRI INFORMASI DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perum Perumnas Regional IV Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT MAYANG.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan anggaran yang sering terjadi pada beberapa perusahaan yang menggunakan metode anggaran partisipatif. Selain itu, ketidakkonsistenan beberapa hasil penelitian sebelumnya juga turutr melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan pendekatan kontijensi dengan memasukkan variabel lain seperti asimetri informasi dan komitmen organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran baik secara parsial maupun dengan dimoderasi oleh asimetri informasi dan komitmen organisasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang, yang terdiri dari asisten manajer dan karyawan bagian Keuangan dan SDM. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik ini dipilih karena jumlah sampel relatif sedikit. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran dengan arah positif. Partisipasi anggaran berpengaruh terhadap senjangan anggaran di Perum Perumnas Regional IV Bandung dengan kontribusi yang diberikan sebesar 29,5%. Asimetri informasi memoderasi (memperkuat) hubungan antara partisipasi anggaran dengan senjangan anggaran Perum Perumnas Regional IV Bandung dengan kontribusi yang diberikan sebesar 50,3% Komitmen organisasi memoderasi (memperkuat) hubungan antara partisipasi anggaran dengan senjangan anggaran di Perum Perumnas Regional IV Bandung dengan kontribusi yang diberikan sebesar -12,1%. Kata Kunci: Partisipasi Anggaran, Senjangan Anggaran, Asimetri Informasi, dan Komitmen Organisasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 06 Sep 2016 14:31
Last Modified: 06 Sep 2016 14:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item