DARIRI AL MAJID, 115020049 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 10 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAC.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR FUSTAKA.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Penelitian berjudul Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X di SMKN 10 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji t. dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sejumlah 120 orang siswa dari total populasi 172 orang siswa kelas X di SMKN 10 Bandung, Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menunjukan bahwa pembelajaran kewirausahaan yang dilakukan guru mata pelajaran kewirausahaan sudah baik (63,48%). Hal ini terlihat dari hasil rata-rata tiap butir angket variable X. Dari Tiga aspek pembelajaran kewirausahaan yaitu tujuan pembelajaran kewirausahaan, manfaat pembelajaran kewirausahaan serta materi pembelajaran kewirausahaan. Pembelajaran kewirausahaan yang disampaikan oleh guru dapat mendorong minat berwirausaha siswa. Adapun minat berwirausaha siswa kelas X di SMKN 10 menyatakan berminat untuk berwirausaha 70,80% dari 120 responden. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata tiap butir angket variable Y masing-masing diatas 50%. Pembelajaran kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa. Adapun Pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa sebesar 46,4%. Sedangkan sisanya 53,6% dipengaruhi oleh faktor residu, faktor tersebut terdapat di dalam (fisik dan psikis) maupun di luar (lingkungan, masyarakat) dirinya. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para pengajar dan pihak sekolah agar berusaha untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat berwirausaha siswa dengan cara memberikan pemahaman tentang kewirausahaan yang dapat membantu dalam peningkatan minat berwirausaha siswa dan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha siswa selain yang ada pembelajaran kewirausahaan. Kata kunci: Pembelajaran Kewirausahaan, Minat Berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 13:28 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 13:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11573 |
Actions (login required)
View Item |