EKSITENSI PERS MAHASISWA (Studi Kasus pada LPM Jumpa dalam Mempertahankan Eksistensinya sebagai Pers Mahasiswa di Universitas Pasundan Bandung)

Ferdyan Adhy Nugraha, 122050075 (2016) EKSITENSI PERS MAHASISWA (Studi Kasus pada LPM Jumpa dalam Mempertahankan Eksistensinya sebagai Pers Mahasiswa di Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (82kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK Ferdyan Adhy Nugraha, 122050075. 2012. Eksistensi Pers Mahasiswa, studi kasus pada LPM JUMPA dalam Mempertahankan eksistensinya sebagai Pers Mahasiswa di Universitas Pasundan Bandung. Pembingbing Utama Drs. Achmad Solihin, M.Si. jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Pasundan dalam mempertahankan eksistensinya sebagai sebuah pers mahasiswa. Eksistensi ini ditinjau dari pandang idelisme yang di anut JUMPA, manajerial yang diterakan dalam JUMPA sebagai suatu institusi, juga aparesiasi pembaca terhadap JUMPA. Metode yang digunakan dalan penelitian ini adalah satudi kasus eksplanatoris. Tujuannya untuk memahami secara menyeluruh bagaimana dan mengapa suatu kasus bisa terjadi, yang menyangkut masa lampau dan perkembangannya di masa kini. Idealisme melingkupi nilai dan cita-cita yang dianut oleh JUMPA sebagai lembaga Pers Mahasiswa. Manjerial melingkupi enam unsur manajemen yang diterapkan oleh JUMPA, yakni man, machine, money, method, material, market. apresiasi pembaca melingkupi aspek kognitif, emotif, dan evaluative, beserta faktor-faktor yang mempengaruhi apresiasi tersebut. Hasil penelitian dalam tataran idealisme menunjukan bahwa JUMPA sudah konsisten menjaga idealisme dalam hal menjaga pengusungan jurnalismen advokatif yang berbasis pada penguatan isu dan dinamika politik lokal. Dalam tataran manajerial, minimnya Sumber Daya MAnusia berkualitas baik, sumber dana, serta sarana dan prasana mempengaruhi produktivitas dan kualitas dari JUMPA. Adapaun apresiasi pembaca, belum memuaskan, baik ditinjau dari aspek kognitif, emotif, mauapun evaluative. Saran yang dapat diberikan adalah bahwa JUMPA perlu konsisten memuat kajian-kajian keilmuan dalam upaya mendukung dan mengayakan dunia akademis di tataran kampus UNPAs. Dari sisi manajerial JUMPA harus meningkatkan kualitas SDM anggota JUMPA, yand dilanjutkan dengan regenerasi yang baik, sehingga kualitas setiap angkatan bisa merata. Dengan begitu, kualitas isi dan tampilan pun bisa dibuat lebih baik dan menarik. Bagian sirkulasi dan periklanan juga harus dibenahi secara serius. Terkahir, peneliti juga menyarankan JUMPA untuk mulai menerapkan dokumentasi sejarahnya, hingga jejak sejarah pers mahasiswa tidak akan hilang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 06 Sep 2016 13:59
Last Modified: 06 Sep 2016 13:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11557

Actions (login required)

View Item View Item