UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNIN G TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI (Penelitian Tindakan Kelas di K elas IV SDN Gumuruh 02 Kota Bandung Tahun Pela jaran 2015 / 2016)

SUSILAWATI, 125060267 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNIN G TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI (Penelitian Tindakan Kelas di K elas IV SDN Gumuruh 02 Kota Bandung Tahun Pela jaran 2015 / 2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tentang perkembangan teknologi produksi di sekolah dasar khususnya di kelas IV. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi di kelas IV SDN Gumuruh 02 B andung yang menggambarkan keaktifan siswa kelas IV khususnya masih rendah dan guru masih mendominasi pembelajaran sedang sidang pasif denga n tidak terpenuhinya KKM yang telah ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, d idapat data bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar setiap siklusnya. Pada siklus I presentase peningkatan keaktifan siswa yang diperoleh sebesar 47%, sedangkan pada siklus II presentase peningka tan keaktifan siswa diperoleh 85,25%, terjadi peningkatan sebesar 38,25% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Pada siklus I presentase peningkatan hasil belajar yang diperoleh sebesar 45,9%, sedangkan pada siklus II prsentase peningkatan hasil belajar diperoleh 83,6% , terjadi peningkatan sebesar 37,7% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Presentase peningkatan keaktifan dan hasil belajar ini menunjukan bahwa setiap siklusnya selalu ada perubahan pada siswa yang meningkatkan keaktifan dan hasil be lajar. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tentang perkembangan teknologi produksi di kelas IV SDN Gumuruh 02 bandung. Kata Kunci : 1. Model Problem Based Learning 2. Keaktifan Siswa 3. Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 18:36
Last Modified: 05 Sep 2016 18:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11536

Actions (login required)

View Item View Item