P ENINGKAT AN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TEKNIK CARD SOR T PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

SHELY SUGESTIN, 125060300 (2016) P ENINGKAT AN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TEKNIK CARD SOR T PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(7)ABSTRAK fiks.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(1) cover r.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(10) BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(11) BAB II fiks.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(15) DAFTAR PUSTAKA shely.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah Dasar khususnya di kelas V dengan menggunakan strategi active learning teknik card sort . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiata n observasi di kelas V , yang menggambarkan hasil prestasi belajar yang belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Penelitian Tindakan kelas ini berlangsung dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, analisis serta refleksi. Dalam tiap siklus nya dilaksanakan kegiatan pembelaj aran dengan menggunakan strategi active learning teknik card sort . Instrumen yang diguna kan dalam penelitian ini tes, lembar observasi keterlaksanaan RPP, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan angket. Peningkatan ketera mpilan menulis puisi pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi active learning teknik card sort dan hasil belajar siswa berdasarkan data awal hanya 12 siswa atau 32,5% yang mencapai KKM pada siklus I, siswa yang telah mencapai KKM yaitu 29 orang dengan presentase 78,37% pada tindakan sik lus II , keterampilan dan hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM me njadi 31 orang dengan presentase 83,78%.Hasil diskusi kelompok pada siklus I menunjukan bahwa dari 9 kelompok diskusi, tidak satu kelomp ok pun yang dapat mencapai KKM, hanya mampu mencapai nilai rata - rata sebesar 60,81. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil diskusi kelompok yang dibuktikan sebanyak 7 kelompok yang mencapai nilai rata - rata sebesar 78,37. Kesimpulan yang diperoleh dari p enelitian ini adalah penggunaan strategi active learning teknik card sort dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi dan hasil belajar sisw . Dengan demikian, penggunaan strategi active learning teknik card sort dapat dijadikan sebagai alternatif pada p embelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: Keterampilan menulis puisi, Strategi Active Learning teknik Card Sort , anak SD .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 19:25
Last Modified: 05 Sep 2016 19:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item