PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKA N MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEGIATAN EKONOMI PADA MATA PELAJARAN IPS

ELIS LISNAWATI, 125060060 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKA N MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEGIATAN EKONOMI PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 SAMPUL ELIS.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK elis.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I elis.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II elis.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unt uk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IP S materi ke giatan ekonomi pad a siswa kelas IV SDN Ciduging dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation . Model Group Investigation ini lebih menekankan kepada “ partisipasi dan aktivitas siswa ”, sehingga siswa bisa lebih berminat untuk belajar . Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Ciduging Kabupaten Sumedang . Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus , setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan . Subjek penelitian sebanyak 17 orang yang terdiri dari 5 siswa laki - laki dan 12 siswa perempuan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sangat baik untuk pemahaman konsep yang ditunjukkan dan 80% dari jumlah siswa mendap atkan nilai di atas KKM yaitu 65 . Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 minat belajar siswa mencapai 6 5,10 % dan p ada siklus I I mengalami peningkatan yaitu seb anyak 80% % . Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentas e siswa yang tuntas sebesar 66,47 % dan p ada siklus II men g alami peningkatan sebanyak 82,35 %. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang p ositif terhadap pembelajaran IPS dengan menerapkan model Group Investigation , karena penggunaan model ini menitikberatkan kepada ke aktifan siswa ( student centered ) sebagai subjek untuk mencari dan menemukan informasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dalam pembelajaran IPS dap at meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IP S materi ke giatan ekonomi di kelas IV S DN Ciduging Kabupaten Sumedang . Kata Kunci: model Pembelajaran Group Investigation , minat belajar , hasil belajar, pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 19:25
Last Modified: 05 Sep 2016 19:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11508

Actions (login required)

View Item View Item