PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung )

Reza Fahrullah, 125020006 (2016) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER skripsi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa (studi kasus pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan jurnal umum kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung). Dilatar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata siswa yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengenai penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning, situs penelitian di kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol SMA Pasundan 7 Bandung tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperimen dengan desain serial waktu dengan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan cara instrument tes berupa pretest dan posttest berbentuk soal pilihan ganda, daya hipotesis penelitian yang berbunyi apabila thitung ˃ ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows, serta analisis gain dan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning berpengaruh pada peningkatkan hasil belajar siswa sesudah diberikannya perlakuan. Dari perhitungan didapatkan hasil t¬hitung ¬sebesar 17,28 sedangkan t¬tabel¬ sebesar 2,94. Sehingga bila dimasukan pada rumus hipotesis thitung ¬> t¬tabel¬, artinya H¬0¬ ditolak dan H¬1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan jurnal umum kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 7 Bandung, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pretest 54,5 (rendah) dan posttest 86,7 (tinggi). Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pihak sekolah memberikan masukan serta saran kepada guru mengenai metode pembelajaran lain agar menunjang keberhasilan pembelajaran. Kepada guru sebaiknya menguasai metode pembelajaran yang efektif serta memfasilitasinya dalam pembelajaran agar kegiatan pembelajaran dapat membantu siswa untuk berkembang menjadi aktif, termotivasi, dan kreatif. Kepada siswa hendaknya lebih bersikap aktif, kreatif, dan inofatif agar mampu menjadi lulusan yang produktif dan bermanfaat. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam lagi mengenai faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar selain dari penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning serta pada mata pelajaran lain dan kelas yang beda agar hasil belajar akan tercapai secara maksimal. Kata kunci: Metode Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:49
Last Modified: 05 Sep 2016 15:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11445

Actions (login required)

View Item View Item